Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Serba Serbi Product Manager, Profesi yang Cukup Digemari Kalangan Anak Muda

Medcom • 04 Agustus 2022 15:00
Jakarta: Anak muda zaman sekarang makin terbuka dengan berbagai lapangan pekerjaan. Mereka tidak hanya ingin menjadi dokter atau insinyur, namun banyak yang tertarik dunia digital dan pengembangan produk seperti product manager.
 
Product manager mungkin asing di kalangan orang tua. Namun, ternyata product manager menjadi profesi cukup terkenal dan digemari kalangan anak muda.
 
Product manager berperan penting dalam pembuatan produk. Melansir dari laman Gokampus, berikut pengertian, tugas, serta skill yang harus dimiliki untuk menjadi seorang product manager:

Pengertian Product Manager

Product manager bertanggung jawab meningkatkan dan mengembangkan produk yang sesuai kebutuhan, menghasilkan produk berkualitas, serta menjawab dan menawarkan solusi dari masalah pengguna produk atau masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Awalnya, product manager membuat dan mencari ide-ide menarik untuk produk, mengeksekusi ide-ide tersebut, hingga mengelola operasional produk. Agar bisa menjadi product manager yang baik, harus terlebih dahulu memahami dan mendalami seluruh seluk-beluk bisnis perusahaan.

Tugas Product Manager

Profesi ini memiliki beberapa tugas utama, mulai dari melakukan riset, menetapkan visi produk, mengomunikasikan tujuan dan fungsi produk, membuat rencana strategis, hingga mengelola alur proses pembuatan produk. Berikut penjelasan tugas dari product manager:

1. Menyusun strategi

Untuk terjun ke profesi ini, seorang product manager harus mampu menetapkan arah produk melalui tujuan strategis bisnis, tuntutan bisnis, peluang bisnis, sumber daya teknologi dan finansial yang perusahaan miliki untuk membuat produk. Selain itu, mereka juga harus mampu menentukan tujuan yang ingin perusahaan capai melalui produk yang dihasilkan.
 
Product manager harus memahami behavior dan apa saja yang dibutuhkan target pasar. Setelah menetapkan hal tersebut, barulah bisa menyusun roadmap produksi sebagai panduan kerja. Roadmap ini mulai dari konsep, desain, produksi sampel, uji coba produk, produksi massal, promosi, hingga batas akhir penggunaan produk.
 
Strategi yang baik akan menarik banyak pengguna baru terhadap suatu produk. Selain itu, dengan strategi yang matang, resiko yang dihadapi ke depannya dapat diminimalisir.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif