Chair of Education Working Group (EdWG) dalam Presidensi G20, Iwan Syahril. DOK IG
Chair of Education Working Group (EdWG) dalam Presidensi G20, Iwan Syahril. DOK IG

Negara-negara Peserta Presidensi G20 Sepakat Pulihkan Pendidikan dengan Gotong Royong

Ilham Pratama Putra • 07 Juli 2022 14:36
Jakarta: Chair of Education Working Group (EdWG) dalam Presidensi G20, Iwan Syahril, mengatakan negara-negara yang tergabung dalam Presidensi G20 sepakat mengadopsi nilai gotong royong. Khususnya, dalam hal pemulihan pendidikan.
 
"Bagaimana pemulihan pendidikan masuk dalam satu komponen rangka yang kami susun. Saat kami menawarkan gotong royong, filosofi itu sangat diterima," kata Iwan dalam siaran Instagram @indonesia.g20, Kamis, 7 Juli 2022.
 
Iwan tak menyangka salah satu budaya Indonesia itu sangat dihargai negara-negara peserta G20. Bahkan, Iwan menyebut perwakilan negara G20 berbinar ketika mendapat penjelasan mengenai gotong royong.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya juga kaget karena tidak tidak menyangka. Mereka tuh kayak berbinar-binar ketika menemukan gotong royong dalam konteks pemulihan ini," jelas Iwan.
 
Iwan menuturkan gotong royong menjadi modal solid kepemimpinan Kemendikbudristek dalam EdWG G20. Pihaknya membawa terobosan Merdeka Belajar dalam pertemuan.
 
"Merdeka Belajar diangkat dalam pertemuan EdWG sebagai contoh praktik baik yang menjadi tonggak gotong royong transformasi pendidikan di Indonesia, sekaligus sebagai dasar agenda prioritas bidang pendidikan G20," papar dia. 
 
Baca juga: Maudy Ayunda Sebut Pendidikan Isu Kompleks, Butuh Kerja Bersama untuk Membenahi
 


 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif