Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah
Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah

Syarat Pembukaan Sekolah di Zona Kuning

Pendidikan Virus Korona sekolah Kenormalan Baru
Ilham Pratama Putra • 07 Agustus 2020 20:30
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengizinkan sekolah di zona kuning penyebaran virus korona (covid-19) untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka. Namun, ada beberapa syarat yang diberlakukan, salah satunya izin dari pemerintah daerah (Pemda) setempat.
 
"Tapi kalau Pemerintah Daerah dan Kepala Dinas, atau Kanwil (Kantor Wilayah) belum siap, mereka (sekolah) tidak harus mulai pembelajaran tatap muka," kata Mendikbud Nadiem Makarim dalam konferensi video, Jumat, 7 Agustus 2020.
 
Nadiem mengatakan, kendati Pemda merasa sudah siap, belum tentu kepala sekolah mau untuk membuka sekolah untuk belajar tatap muka. Makanya, kepala sekolah juga memiliki keputusan terkait pembukaan sekolah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masing-masing kepala sekolah dan komite sekolah boleh memutuskan bahwa di sekolah tersebut belum siap, atau siap melakukan pembelajaran tatap muka," tambah Nadiem.
 
Izin orang tua siswa juga patut jadi pertimbangan. Apabila orang tua tidak mengizinkan siswanya untuk datang ke sekolah, maka tak ada pihak yang boleh memaksakan pembelajaran tatap muka di sekolah.
 
"Kalau orang tidak memperkenankan itu ada hak prerogratif orang tua. Jadi ini yang harus ditekankan. Ini harus dengan persetujuan bersama," terangnya.
 
Baca:Nadiem: Sekolah di Zona Kuning Boleh Dibuka
 
Sekolah juga wajib menjalankan protokol kesehatan. Sekolah tak hanya memastikan ketersediaan hand sanitizer dan mewajibkan masker. Namun, juga ada skema baru yang diterapkan di kelas.
 
Misalnya, terkait kapasitas kelas yang hanya boleh di isi setengah dari total rombongan belajar. Jika satu rombongan belajar terdapat 30 siswa, maka yang boleh masuk dalam kelas hanya 15 siswa.
 
"Sekolah juga bisa melakukan shifting untuk kelas (untuk menampung seluruh rombongan belajar dalam satu kelas). Jadi harus sistem rotasi," ujar Nadiem.
 
Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri terkait pembelajaran di masa pandemi direvisi. Bukan hanya sekolah di zona hijau yang dibuka, melainkan sekolah di zona kuning.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif