Kampus Universitas Brawijaya. Foto: Medcom/Daviq Umar Al Faruq
Kampus Universitas Brawijaya. Foto: Medcom/Daviq Umar Al Faruq

Berlakukan PKL Daring, UB Gandeng Industri Kreatif dan UKM

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Daviq Umar Al Faruq • 12 Mei 2020 14:11
Malang: Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya (UB) menggandeng industri kreatif dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Malang, Jawa Timur, untuk membantu memberikan solusi di tengah situasi pandemi virus korona covid-19. Pasalnya, beberapa perusahaan lokal lesu dan ada yang gulung tikar.
 
Ketua Jurusan Sistem Informasi Filkom UB, Herman Tolle, mengatakan bentuk kerja sama antara UB dengan industri kreatif dan UKM di Malang dilakukan dalam bentuk pemberian akses bebas biaya untuk memasang lowongan kebutuhan tenaga PKL daring bagi mahasiswa UB. Akses ini difasilitasi melalui portal daring Jurusan Sistem Informasi Filkom UB, https://jsi-daring.ub.ac.id/.
 
"Kegiatan kerja sama ini awalnya merupakan tindaklanjut dari diskusi antara jurusan Sistem Informasi Filkom UB dengan Wakil Rumah Pengusaha Malang Raya (RPMR) dan Dinas Perindustrian Kota Malang," kata Herman, Selasa, 12 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Herman mengatakan adanya mahasiswa PKL daring yang direkrut oleh UKM atau industri kreatif dapat membantu efisiensi pemenuhan kebutuhan perusahaan akan keterampilan yang berhubungan dengan Teknologi Informasi (TI) maupun pemasaran. Sementara dari pihak universitas, juga diuntungkan karena dapat membantu mahasiswa yang kesulitan mendapatkan tempat magang yang memberlakukan sistem daring.
 
Baca:Digelar Online, Catat Jadwal PPDB Tangsel 2020
 
Bagi industri kreatif maupun UKM yang membutuhkan bantuan tenga mahasiswa dan berminat untuk membuka lowongan PKL daring bisa langsung mengisi formulir secara daring melalui https://bit.ly/JSIUB-daftarPKL.
 
Jenis pekerjaan yang bisa ditawarkan antara lain pengembangan aplikasi (mobile/web), perancangan UI/UX, manajemen dan analisis data, digital marketing dan content creator. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 20 perusahaan yang meng-input kebutuhan mahasiswa PKL di portal daring tersebut.
 
"Antara lain Emilia Cake & Cookies, PT Inlingua International Indonesia, inc.buss, Cantuka Kreatif, Profile Image Studio dan masih banyak yang lainnya," bebernya.
 
Di dalamnya juga terdapat beberapa lowongan PKL dari internal Jurusan Sistem Infirmasi Filkom UB. Sementara itu, bagi mahasiswa Filkom UB yang kelompoknya belum mendapat tempat PKL daring juga bisa mendaftarkan kelompoknya untuk dibantu mencari tempat PKL dengan mengisi form pengajuan di https://bit.ly/JSI-kelompokPKL.
 
"Untuk lowongan internal diperuntukkan khusus bagi mahasiswa Jurusan Sistem Informasi. Tapi untuk lowongan dari perusahaan eksternal bisa seluruh mahasiswa Filkom baik JSI maupun Jurusan Teknik Informatika," ujarnya.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif