Global Sevilla Kenalkan Budaya Indonesia Sejak Dini
Siswa diajarkan kebudayaan untuk memperkuat pendidikan karakter. Foto: Istimewa
Jakarta: Pengembangan pendidikan karakter di sekolah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu upaya dengan memperkenalkan keanekaragaman budaya sejak dini kepada para siswa yang dilakukan Sekolah Global Sevilla.
 
Direktur Global Sevilla, Robertus Budi Setiono, mengatakan sekolah secara konsisten mengenalkan keberagaman budaya Indonesia serta menanamkan jiwa nasionalisme kepada siswa. Menurutnya, pengenalan akan bangsa dan cinta Tanah Air merupakan modal pendidikan yang utama dan harus dilakukan sejak dini.
 
Melalui acara ‘The Magic of Musik Nusantaraku’, Global Sevilla Puri Indah Kindergarten mengajak seluruh siswa berkolaborasi dengan anak-anak rumah susun PAUD Surya Kasih menampilkan nyanyian dan tarian budaya daerah.
 
"Ini merupakan cara kita menerapkan pendidikan karakter cinta bangsa melalui cinta budaya dan hasil karya seni bangsa," kata Robert, di sela-sela pagelaran, seperti dalam keterangan tertulis, Minggu, 4 Maret 2018.
 
Dikatakan, usia dini atau golden ages merupakan usia yang perlu diisi dengan berbagai kecerdasan emosional, sosial, dan nilai-nilai karakter.
 
"Melalui pagelaran ini, anak-anak dididik soal keberanian dan kepercayaan diri untuk tampil di hadapan orang banyak," katanya.
 
Selain itu, yang terpenting, sejak dini para peserta didik harus ditanamkan jiwa nasionalisme. "Ini merupakan langkah nyata untuk memperkenalkan lagu-lagu daerah dan nasional ke generasi saat ini. Sehingga, pada akhirnya tumbuh nasionalisme kepada generasi penerus bangsa," kata Robert.
 
Baca: Anies Mau Pendidikan di PAUD Membahagiakan

Kepala Sekolah TK Global Sevilla Puri Indah, Susan Hasiani, mengatakan anak-anak usia dini harus lebih diberikan kesempatan untuk membangkitkan jiwa seni dan kreativitas mereka.


"Dengan begitu mereka bisa tumbuh semakin kreatif," imbuhnya.
 
Lebih lanjut dia menegaskan pengenalan akan budaya Indonesia harus diberikan sejak usia dini. Selain itu, menurut dia, pembelajaran melalui kesenian akan lebih efektif untuk menanamkan nilai karakter.
 
"Lewat seni ini merupakan cara mereka belajar. Agar mereka mengenal jati diri bangsa serta dapat membangkitkan rasa nasionalisme," imbuh Susan.
 




(UWA)