Kampus UNS.  Foto: UNS/Humas
Kampus UNS. Foto: UNS/Humas

UNS Buka Pendaftaran Jalur Mandiri Gelombang Kedua

Pendidikan Pendidikan Tinggi Jalur Mandiri Perguruan Tinggi UNS
Citra Larasati • 30 Juni 2021 20:28
Jakarta:  Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membuka pendaftaran Seleksi Mandiri (SM) gelombang kedua untuk program sarjana tahun 2021. Pendaftaran Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) gelombang kedua dimulai hari ini, 30 Juni hingga 10 Juli 2021 mendatang.
 
Kepala UPT SPMB UNS, Hadiwiyono mengatakan, SM UNS adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh UNS di luar jalur SNMPTN dan SBMPTN. Adapun pendaftaran gelombang kedua ini dibuka untuk SMJU yaitu Jalur seleksi yang diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir.
 
Melalui jalur ini, calon mahasiswa akan diseleksi dengan menggunakan Nilai UTBK yang dikeluarkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tahun 2021, atau Nilai Ujian Tulis (UTUL) yang diselenggarakan oleh UNS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Demikian juga untuk persyaratan mengikuti SMJU, mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2021 yang diselenggarakan LTMPT tahun 2021 atau mengikuti dan memiliki Nilai UTBK 2021 dan Ujian Tulis (UTUL) UNS tahun 2021.
 
Lalu memiliki prestasi nonakademik (jika ada), antara lain sertifikat prestasi kejuaraan bidang penalaran, minat/bakat, keagamaan, dan lainnya pada tingkat provinsi/nasional/ internasional sebagai juara 1, 2, atau 3 yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA.  Selain itu juga sertifikat Hafidzul Al-Quran (minimal 15 Juz) atau hafalan Al-Kitab yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA.
 
Baca juga:  Perkuliahan Luring UNS Terapkan Prinsip Bertahap dan Bersyarat
 
SMJU-UTBK dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Saintek dan Soshum dengan ketentuan peserta dapat memilih dua program studi (Prodi) Sarjana.  Jika prodi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, dipersyaratkan peserta memiliki sertifikat hasil UTBK LTMPT kelompok ujian Saintek atau kelompok ujian Campuran.
 
Sedangkan SMJU-UTUL dipersyaratkan peserta mengikuti ujian tulis UNS kelompok ujian Saintek.  Jika prodi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, dipersyaratkan peserta memiliki sertifikat Hasil UTBK-LTMPT kelompok ujian Soshum atau kelompok ujian Campuran.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif