Deklarasi dan pencanangan pembangunan zona integritas STEI ITB. Foto: Dok ITB.
Deklarasi dan pencanangan pembangunan zona integritas STEI ITB. Foto: Dok ITB.

STEI ITB Bakal Jadi Proyek Percontohan Pembangunan Zona Integritas

Pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi ITB
Arga sumantri • 25 Juni 2021 20:48
Bandung: Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung (ITB) bakal menjadi proyek percontohan pembangunan zona integritas. Deklarasi dan pencanangan pembangunan zona integritas pun telah dilakukan secara daring.
 
"Pencanangan yang dilakukan pada salah satu unit kerja, bukan berarti hanya berlaku pada unit kerja tersebut saja. Namun gerakan membangun Zona Integritas, mutlak dilaksanakan oleh semua unit kerja di lingkungan ITB," kata Rektor ITB Reini Wirahadikusumah mengutip laman ITB, Jumat, 25 Juni 2021.
 
Reini mengajak sivitas akademika untuk bersama-sama menyukseskan implementasi zona integritas di lingkungan ITB. "Mari bersama-sama kita sukseskan zona integritas untuk ITB yang lebih baik sebagai bentuk akselerasi untuk menggapai martabat bangsa dan reputasi dunia", ungkapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara, Dekan STEI ITB Tutun Juhana mengatakan, beberapa upaya untuk membangun zona integritas sudah dilakukan meliputi pembuatan program, pelaksanaan program, dan evaluasi berkesinambungan terhadap pembangunan zona integritas. Langkah berikutnya berfokus pada pembangunan manajemen risiko bersamaan dengan pembenahan proses bisnis dari mulai tingkat 0 (ITB Pusat).
 
"Kami dari STEI ITB tentunya meminta dukungan dari seluruh stakeholder agar STEI ITB dapat memperoleh zona integritas," kata Tutun.
 
Baca: Unpad Buka Pendaftaran Double Degree Magister dengan Akita University
 
Pembangunan zona integritas ini mengacu Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 10 tahun 2019 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah.
 
Sekretaris ITB Widjaja Martokusumo mengungkapkan, reformasi birokrasi merupakan upaya terintegrasi agar sistem pemerintahan berubah ke arah lebih baik. Upaya ini harus menjadi komitmen bersama dan secara berkelanjutan dilakukan oleh semua elemen dalam organisasi, serta para pemangku kepentingan nasional agar penyimpangan dapat dihindari sejak dini dengan melakukan pengawasan terpadu. 
 
"Zona Integritas ini adalah salah satu upaya dalam percepatan reformasi birokrasi," ujar Widjaja.
 
Sementara itu, Koordinator Hukum Tata Laksana dan Kepegawaian Direktorat Kemendikbudristek Suwitno menyampaikan dukungannya atas upaya ITB. Ia akan membantu dan memfasilitasi agar dapat meningkatkan komitmen para pimpinan dan seluruh staf di lingkungan STEI ITB.
 
Ia menilai ITB dapat menjadi model percontohan bagi reformasi birokrasi dalam meningkatkan integritas dan layanan yang berkualitas. Ia juga berharap perguruan tinggi lain bisa mengikuti langkah ITB.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif