Mendikbud, Nadiem Makarim.  Foto: MI/Panca Syurkani
Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: MI/Panca Syurkani

Pengamat: Posisi Wamen Paling Urgen di Sektor Pendidikan

Pendidikan Kabinet Jokowi-Maruf
Intan Yunelia • 29 Oktober 2019 12:10
Jakarta: Presiden Joko Widodo menempatkan 12 wakil menteri (wamen) di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Namun dari 12 nama itu, tak terselip pun posisi wakil menteri untuk sektor pendidikan yang dinilai paling besar urgensinya.
 
“Menurut saya kalau dalam kerangka kebutuhan kinerja keberadaan wakil menteri ini memang harus yang sangat urgen itu ya kemendikbud dan dikti itu,” kata Pengamat Pendidikan dari Universitas Paramadina, Mohammad Abduhzen saat dihubungi Medcom.id,Selasa, 29 Oktober 2019.
 
Membidangi sektor yang membawahi pendidikan dasar, menengah dan tinggi tidak cukup hanya dikendalikan satu sosok Nadiem Anwar Makarim. Terlebih sosok Nadiem bukan berlatar belakang akademisi maupun praktisi pendidikan dan belum memiliki pengalaman dalam bidang pendidikan baik secara operasional, praktisi, dan teori.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sehingga dia (Nadiem) memerlukan pendampingan lah yang bisa menjadi co-pilot dalam mengarahkan jalannya operasional pendidikan kita,” ujar Abduhzen.
 
Menurut Abduhzein, padahal sesuai dengan visi dan misi Presiden Joko Widodo mewujudkan Sumber Daya Manusia yang unggul (SDM) sektor pendidikan semestinya yang paling membutuhkan wakil menteri. Namun ia masih memiliki keyakinan, hingga akhirnya presiden punya pertimbangan lain dengan tidak menempatkan pembantu Nadiem.
 
“Kalau kita melihat dari logika kebutuhan ya. Tapi kita, yang dianggap dibutuhkan adalah tidak diisi dan yang lain yang tidak terlalu penting malah diisi,” tutur Abduhzen.
 
Adapun Kabinet Indonesia Maju terdiri dari empat menteri koordinator, 30 menteri, dan 12 wakil menteri. Kedua belas wamen memiliki unsur profesional, kader partai, hingga relawan.
 
Lima wamen dari partai yakni, Zainut Tauhid (PPP) sebagai Wamen Agama, Jerry Sambuaga (Golkar) Wamen Perdagangan, John Wempi Wetipo (PDIP) Wamen PUPR, Surya Tjandra (PSI) Wamen Agraria dan Tata Ruang, dan Angela Tanoesoedibjo (Perindo) sebagai Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
 
Kemudian lima kalangan profesional yakni, Budi Gunadi Sadikin (Direktur Utama PT Inalum Persero) dan Kartika Wirjoatmojo (Direktur Utama Bank Mandiri) sebagai Wakil Menteri BUMN, Mahendra Siregar (Dubes RI untuk Amerika Serikat) sebagai Wamen Luar Negeri, Alue Dohong (Deputi Badan Restorasi Gambut) sebagai Wamen Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Suahasil Nazara (Kepala Badan Kebijakan Fiskal) sebagai Wamen Keuangan.
 
Sisanya eks Bendahara TKN Jokowi-Ma'ruf Sakti Wahyu Trenggono sebagai Wamen Pertahanan, dan Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi yang diberi posisi Wamen Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif