Jumpa pers peluncuran Kampus Merdeka. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
Jumpa pers peluncuran Kampus Merdeka. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama

IGI: Kebijakan 'Kampus Merdeka' Tidak Membumi

Pendidikan Pendidikan Tinggi Kebijakan pendidikan Kampus Merdeka
Ilham Pratama Putra • 25 Januari 2020 12:00
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim meluncurkan kebijakan baru bertajuk 'Kampus Merdeka'. Program ini merupakan kebijakan Nadiem di bidang Pendidikan tinggi yang merupakan lanjutan dari 'Merdeka Belajar' yang pernah diluncurkan Desember 2019 lalu.
 
Apa yang diluncurkan Nadiem ternyata dinilai tidak membumi oleh ketua umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhamamd Ramli Rahim. Terobosan yang disebut Nadiem dalam peluncuran kebijakan itu belum memiliki nilai aktualisasi.
 
"Enggak ada aktualisasinya. Tidak membumi. Kampus merdeka tidak membumi untuk dirasakan mahasiswa," kata Ramli di Jakarta, Jumat, 24 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebijakan ini dinilai mengambang, karena belum berkenaan langsung dengan mahasiswa. Untuk itu dia menilai, perubahan pendidikan ke arah yang lebih baik dirasa masih jauh dari harapan.
 
"Saya melihat tidak akan ada perubahan. Yang dibahas Mas Nadiem enggak ada yang membumi, kalau tadi bisa dibilang ya slogan saja ya. Slogan yang menarik pendengar saja," lanjutnya.
 
Akhirnya untuk berbicara 100 hari kerja Nadiem, Ramli tak berharap banyak. Dia irit bicara soal harapan kepada Nadiem dalam program kerjanya.
 
"Dia bebannya banyak banget nih. Kita menunggu 100 hari. Kita mau komentar, tapi belum sampai 100 hari. Kita tunggu saja, kan bisa saja candi dibangun dalam dua hari," guraunya.
 
Kebijakan Kampus Merdeka, di antaranya otonomi PTN dan PTS untuk melakukan pembukaan atau pendirian prodi baru, re-akreditasi prodi dan kampus yang bersifat otomatis untuk seluruh peringkat. Selanjutnya adapula kebijakan terkait kebebasan PTN untuk menjadi PTN Badan Hukum dan keempat memberikan hak mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar prodi dan luar kampus.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif