Ilustrasi. Kampus UNS. Dok. UNS
Ilustrasi. Kampus UNS. Dok. UNS

Pemerintah Diminta Petakan Kebutuhan SDM

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 03 Desember 2019 06:37
Jakarta: Jurnalis Senior Suryopratomo mengatakan perguruan Tinggi Indonesia saat ini belum bisa memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul. Pemerintah dinilai perlu memetakan angka kebutuhan SDM yang sesuai dengan kebutuhan zaman.
 
"Sekarang sarjana dan doktor kita paling banyak di bidang apa dan tidak ada seorangpun yang mengatakan jumlah doktor yang kita miliki ini sesuai arah pembangunan yang akan kita lakukan," kata Suryo di OPSI Metro TV, Senin, 2 Desember 2019.
 
Menurut Suryopratomo membludaknya jumlah perguruan tinggi belum sesuai ekspektasi mencetak SDM unggul. Perguruan tinggi hanya berlomba-lomba meluluskan mahasiswanya yang berorientasi pada kebutuhan kinerja tanpa still khusus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekarang kalau orang boleh ibaratnya karena sebagai sebuah industri sekolah boleh menjamur di mana-mana," ujarnya.
 
Suryopratomo menuturkan saat ini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) menjamur karena murah. STIE juga orientasinya sekadar menampung mahasiswa untuk bekerja.
 
Padahal, lanjut dia, angka kebutuhan SDM saat ini lebih menitikberatkan pada keahlian di bidang informasi dan teknologi (IT). Jumlah SDM di bidang tersebut masih jauh dari kebutuhan industri IT saat ini.
 
"Cukup atau tidak untuk menghadapi tantangan Indonesia 2045. Itu yang perlu kita definisikan terlebih dahulu supaya kemudian peran para rektor jelas mereka harus apa," tuturnya.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif