Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pemerintah Siapkan 400 Ribu KIP Kuliah

Pendidikan Pendidikan Tinggi KIP Kuliah
Ilham Pratama Putra • 17 April 2020 19:16
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan 400.000 Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk dibagikan pada 2020. Jumlah penerima program ini jauh lebih besar dari tahun lalu saat masih bernama bidikmisi.
 
"Sekitar 400 ribu KIP Kuliah baru, jauh lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu ada di angka sekitar 130 ribu," kata Pelaksana tugas Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam, kepada Medcom.id, Jumat, 17 April 2020.
 
Dia menyebut, KIP Kuliah diberikan pada mahasiswa perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Dia berharap pemberian KIP Kuliah ini mampu mendorong Angka Partisipasi Kasar (APK) siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"KIP Kuliah juga ditujukan untuk mengatasi dan membantu masyarakat yang saat ini mengalami tekanan ekonomi karena covid-19," lanjut Nizam.
 
Baca: FSGI Minta Kemendikbud Perhatikan Guru Honorer di Sekolah Swasta
 
Dia menyadari jika banyak ekonomi keluarga terganggu akibat pandemi virus korona (covid-19), yang tentu berpengaruh pada besaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Makanya, pembesaran jatah KIP Kuliah ini dilakukan.
 
Nizam juga meminta perguruan tinggi swasta (PTS) untuk bersabar. Sebab, penurunan angka pendaftar tak hanya perkara ekonomi.
 
"Pergerakan siswa yang terhambat oleh Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sehingga orang masih membatasi pergerakan lintas daerah," ungkapnya.
 
Nizam menuturkan sebagian besar masyarakat masih fokus pada masalah covid-19. Sehingga belum melakukan pendaftaran dalam periode ini.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif