Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak saat menghdiri acara
Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak saat menghdiri acara "World Indonesia Scholarship Ferstival 2019", di Graha ITS Surabaya. (Medcom.id/Amal).

Emil Dardak Motivasi Siswa Pentingnya Kuliah

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Amaluddin • 20 April 2019 17:08
Surabaya: Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak menghadiri acara "World Indonesia Scholarship Ferstival 2019", di Graha ITS Surabaya, Sabtu, 20 April 2019. Pada acara itu, Emil memberi motivasi kepada ratusan calon mahasiswa dalam mencari jurusan untuk kuliah.
 
"Banyak yang galau, bingung mau ngambil jurusan apa kedepannya. Tipsnya, kalian pilih apa yang kalian suka, yang cocok dengan bakat kalian untuk kemudian dikembangkan nantinya," kata Emil.
 
Mantan Bupati Trenggalek itu menjelaskan, kebanyakan orang memilih jurusan saat kuliah lebih fokus pada peluang kerja setelah lulus kuliah. Mestinya, mereka bisa mengembangkan ilmunya dengan membuka usaha sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebenarnya kuliah itu bukan hanya melihat peluang kerja, tetapi juga perlu meilhat jurusan yang diambil peluang kedepannya bagus atau tidak. Jadi, jangan untuk kepentingan kerja saja," katanya.
 
Menurut Emil, para lulusan perguruan tinggi memiliki tugas besar untuk ikut membantu menyelesaikan PR pemerintah, lewat inovasi dan kreatifitasnya. Apalagi, tingkat pengangguran di Jatim hampir 70 persennya berada di rentang usia antara 15 sampai 24 tahun, dan kebanyakan merupakan lulusan SMA.
 
Sebab, mereka memilih bekerja dari pada melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Berdasarkan data yang ada, kata Emil hanya 30 persen lulusan SMA di Jatim yang melanjutkan kuliah, kemdian 20 persen lulusan SMK, dan 50 sisanya lulusan SD.
 
"Angkanya benar-benar sedikit sekali, siswa yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Itu menunjukkan bahwa jenjang pendidikan tidak berkolerasi lurus dengan pekerjaan yang ada. Disamping itu minat wirausaha di kalangan muda masih sangat kecil,” ujarnya.
 
Emil berharap pentingnya dunia pendidikan ini menjadi perhatian semua pihak. Emil juga mengajak para lulusan universitas atau perguruan tinggi untuk bersyukur, karena angkatan kerja yang ada di Jatim jumlahnya tidak lebih dari 12 persen, yang merupakan sarjana. Terlebih lagi, sekitar 50 persen lebih angkatan kerja di Jatim hanya lulusan SMP, sehingga menyebabkan banyaknya unskilled labour.
 
"Oleh sebab itu kami ingin membangun ekosistem yang mendukung kreatifitas dan mental wirausaha," kata Emil.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif