Kampus UB. Foto: UB/Humas
Kampus UB. Foto: UB/Humas

Seleksi Mandiri, Universitas Brawijaya Buka Jalur Rapor

Pendidikan Penerimaan Mahasiswa Baru IPB SNMPTN/SBMPTN 2021 SNMPTN 2021
Ilham Pratama Putra • 20 Januari 2021 18:11
Jakarta: Untuk menembus Universitas Brawijaya (UB) calon mahasiswa baru tidak hanya bergantung pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Universitas Brawijaya juga membuka jalur Seleksi Mandiri (SM) yang salah satunya adalah menggunakan rapor.
 
"Bisa menggunakan jalur lain, selain SNMPTN dan SBMPTN jika tidak lolos," kata Koordinator Bagian Perencanaan, Akademik, dan Kerjasama UB, Hery Prawoto, dalam webinar sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN UB, Rabu, 20 Januari 2021.
 
Untuk Seleksi Mandiri UB, terbagi lagi ke dalam dua jalur khusus. Yakni Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan jalur rapor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagi peminat SMUB, yang tidak bisa mengikuti UTBK dapat menggunakan jalur rapor," jelasnya.
 
Baca juga:  Nadiem Tunda Asesmen Nasional Hingga September
 
Hery menyebutkan, dalam jalur rapor peserta akan diminta menambahkan portofolio prestasi akademik dan nonakademik. Hal itu bakal menjadi nilai tambah bagi calon mahasiswa baru saat seleksi di jalur mandiri.
 
"Untuk alurnya, akan ada aktivasi di laman admisi.ub.ac.id, di sana nanti calon mahasiswa mengisi biodata hingga cetak kartu peserta. Nanti informasi lengkapnya juga bisa dilihat di selmaub.ac.id," terang Hery.
 
Dia memaparkan, jika peminat SMUB tak kalah dengan SNMPTN dan SBMPTN.  Seleksi SM UB terbilang ketat, walaupun kuota yang disediakan mencapai maksimal 50 persen dari total daya tampung keseluruhan.
 
"SMUB peminatnya di tahun 2020 ada 42.505 peserta, yang diterima hanya 5.605, artinya hanya 13 persen. Artinya bahwa UB sangat selektif untuk memilih yang terbaik dari siswa Indonesia," terangnya.  

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif