Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP. Dok Humas Unhas.
Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP. Dok Humas Unhas.

Seleksi Tahap Pertama, Unhas Terima 1.072 Mahasiswa Baru Pascasarjana

Pendidikan Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Unhas
Arga sumantri • 11 Mei 2021 13:42
Makassar: Universitas Hasanuddin (Unhas) menerima sebanyak 1.072 mahasiswa baru jenjang Pascasarjana pada proses seleksi tahap pertama untuk program magister dan doktor. Pengumuman hasil seleksi dilakukan melalui portal https://regpmb.unhas.ac.id, 7 Mei 2021.
 
Wakil Rektor Bidang Akademik Muh. Restu menjelaskan, pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru jenjang pascasarjana tidak mengalami perubahan dari proses seleksi sebelumnya. Penyelenggaraannya dilaksanakan secara bertahap untuk menyesuaikan karakteristik calon mahasiswa yang beragam dengan wilayah yang berbeda pula.
 
Jumlah peminat pada semester kali ini meningkat secara signifikan jika dibandingkan dengan semester sebelumnya. Terdapat 1.207 pendaftar untuk jenjang magister dan doktor. Peningkatan ini dipengaruhi oleh waktu seleksi yang lebih panjang dengan menerapkan sistem online.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Restu menerangkan, proses seleksi semester sebelumnya dengan sekarang tidak jauh berbeda, tetap menggunakan dua tahap. Seleksi mahasiswa dilakukan bertahap karena Unhas ingin semua calon mahasiswa bisa terfasilitasi. 
 
"Semua proses masih online dan kami juga terus memperbaiki dan meningkatkan sistem yang digunakan," jelas Restu mengutip siaran pers Unhas, Selasa, 11 Mei 2021.
 
Baca: ITS Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Prestasi, Ini Penjelasannya
 
Restu menambahkan calon mahasiswa baru yang berhasil lolos harus melakukan registrasi ulang, membayar UKT dan menjalani proses administrasi lainnya. Ia berpesan mahasiswa yang nantinya berhasil menempuh pendidikan di Unhas dapat memahami dengan baik peraturan akademik sebagai acuan dalam proses pembelajaran. Hal ini penting demi memastikan mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu.
 
Penerimaan tahap kedua jenjang pascasarjana Unhas telah dibuka sejak Senin, 10 Mei 2021. Restu menuturkan tahap kedua ini kemungkinan jumlah pendaftar akan semakin besar, mengingat tidak hanya program magister dan doktor saja, juga telah dibuka untuk program profesi dan spesialis seperti profesi Insinyur, Apoteker, Akuntansi dan Spesialis pada FK dan FKG.
 
"Meskipun dilakukan dua tahap, tapi proses perkuliahan akan sama yakni berlangsung di bulan Agustus. Sampai saat ini kami masih menunggu kebijakan pasti dari kementerian terkait proses perkuliahan apakah tetap terlaksana secara daring atau sudah bisa luring terbatas dengan penerapan protokol covid-19," tambah Restu.
 
Rincian jumlah pendaftar tahap satu jenjang pascarjana Unhas yakni untuk Program Magister jumlah pendaftar ada 942 Peserta dan yang lolos seleksi 834 peserta. Kemudian, Program Doktor ada 265 pendaftar, dan yang lolos seleksi 238 peserta.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif