Rektor UNS Jamal Wiwoho. Dok Humas UNS.
Rektor UNS Jamal Wiwoho. Dok Humas UNS.

Penelitian Mahasiswa UNS Wajib Kantongi Surat Izin Pemda

Pendidikan Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian UNS Pembelajaran Tatap Muka
Muhammad Syahrul Ramadhan • 07 Januari 2021 13:37
Jakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Solo, mengharuskan mahasiswanya yang melakukan penelitian di masyarakat mengantongi izin dari Pemerintah daerah (Pemda) setempat. 
 
Hal ini disampaikan Rektor UNS Jamal Wiwoho, melalui Surat Edaran (SE) Rektor Nomor 1/UN27/SE/2021 tentang Penundaan Penyelenggaraan Pembelajaran Campuran (Hybrid Learning) Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021.
 
Dalam SE Rektor tersebut dijelaskan, bahwa surat izin diperuntukkan bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian di masyarakat seperti survei atau pengambilan data penelitian. "Penelitian yang dilakukan di masyarakat berupa survei perlu mendapatkan surat izin dari Pemerintah Daerah yang menjadi lokasi penelitian," jelas Jamal, dalam SE Rektor yang diterima Medcom.id, Kamis, 7 januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara untuk penelitian lapangan lainnya, UNS tidak memajibkan mahasiswanya untuk memiliki surat izin pemda. Namun, harus menerapkan protokol kesehatan ketat.
 
"Kegiatan penelitian di laboratorium/lapangan dapat dilakukan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan mendapatkan izin dari dekan," terangnya.
 
Baca juga:  UNS Tunda Perkuliahan Hybrid
 
Selain itu, UNS saat ini memutuskan untuk menunda penerapan pembelajaran campuran atau Hybrid Learning. Keputusan ini diambil sebagai langkah menyikapi perkembangan pandemi covid-19 di Indonesia dan langkah pemulihan aktivitas akademik di Universitas Sebelas Maret.
 
"Kegiatan perkuliahan mata kuliah teori tetap dilaksanakan secara daring," kata Jamal.
 
Sebelumnya, UNS berencana menggelar Hybrid Learning, yakni mahasiswa tidak harus selalu datang ke kampus pada semester genap ini.
 
"Kami juga mempertimbangkan untuk dibuat kelas ganjil genap. Atau dibikin hari yang berbeda untuk mahasiswa masuk. Misal masuknya tiga hari, Senin, Rabu, Kamis, terus online, misal begitu," ujar Jamal kepada Medcom.id.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif