Mendikbud Nadiem Makarim.Zoom
Mendikbud Nadiem Makarim.Zoom

Nadiem: Kebijakan Pendidikan Difokuskan untuk Siswa

Pendidikan guru hari guru
Ilham Pratama Putra • 08 Oktober 2020 11:01
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebut fokus kebijakan pendidikan berada pada murid. Sebab, murid merupakan investasi agar negara memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas di masa depan.
 
"Saya sering menyampaikan bahwa fokus pendidikan adalah murid murid dan murid, karena saya percaya investasi yang paling berharga adalah investasi untuk sumber daya manusia," kata Nadiem dalam peringatan Hari Guru Sedunia secara virtual, Kamis 8 Oktober 2020.
 
Nadiem mengatakan, pengembangan kualitas para guru juga tak kalah penting. Pelatihan para guru juga merupakan investasi untuk pengembangan pendidikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Melalui kebijakan rekrutmen pengembangan pendidikan, peningkatan profesionalisme, dan peningkatan kesejahteraan guru. Itu yang terus kami perjuangkan," sambung Nadiem.
 
Baca:Nadiem Minta Guru Manfaatkan Pandemi Sebagai Laboratorium
 
Nadiem paham mengembangkan murid dan guru bukan pekerjaan mudah. Dia pun meminta seluruh pihak berkolaborasi memajukan pendidikan. Terlebih, masa pandemi virus korona (covid-19) merupakan tantangan yang harus dilewati bersama. Kemendikbud merancang berbagai program di masa sulit ini, agar guru mampu meningkatkan kemampuannya, dan murid mendapat pendidikan yang berkualitas.
 
"Kemendikbud ikut menghadirkan berbagai kebijakan dan program, di antaranya program guru belajar untuk semua jenjang pendidikan. Program ini dirancang untuk membantu sebanyak mungkin guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan pembelajaran jarak jauh yang sesuai dengan kondisi pandemi," terangnya.
 
Selain itu Kemendikbud juga telah melatih 60.000 guru dalam pelatihan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Harapannya, para guru semakin mahir dalam memanfaatkan teknologi dalam mengajar.
 
"Sekarang saatnya kita melihat lebih jauh apa yang sebenarnya paling dibutuhkan para guru dan murid," tutup dia.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif