Ilustrasi. Foto: Antara
Ilustrasi. Foto: Antara

Kemkominfo Luncurkan Program Literasi Digital

Pendidikan survey harkitnas kemampuan literasi Literasi Digital Literasi
Ilham Pratama Putra • 20 Mei 2021 13:18
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan program literasi digital. Program ini guna mempercepat transformasi digital nasional.
 
"Khususnya terkait pengembangan sumber daya manusia digital. Program literasi digital adalah sebuah keharusan di tengah semakin intensifnya penggunaan internet oleh masyarakat," kata Menkominfo, Johnny G Plate dalam acara Indonesia Makin Cakap Digital secara daring, Kamis, 20 Mei 2021.
 
Menurut Johnny pada saat ini, literasi digital adalah sebuah keniscayaan untuk membentengi warganet dari dampak-dampak negatif internet. Pihaknya akan membuka 20 ribu pelatihan dalam program tersebut di tahun 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Direncanakan untuk diadakan melalui setidaknya 20 ribu pelatihan berdasarkan modul dan kurikulum  yang menyasar empat pilar, digital Ethics, digital Society, digital skills dan digital culture. Ke depan, nantinya setiap tahunnya program ini akan menjangkau lebih dari 12,4 juta partisipan pelatihan di 514 kabupaten kota di 34 provinsi di Indonesia," sebut dia.
 
Baca juga:  Jokowi: Banjir Konten Negatif di Ruang Digital Harus Diminimalisir
 
Dia berharap, pada 2045 terdapat 50 juta masyarakat Indonesia yang akan terliterasi secara digital. Angka itu diharapkan terus meningkat di periode pemerintahan berikutnya hingga mencapai 100 juta masyarakat.
 
Demi memastikan kebermanfaatan keberlanjutan program tersebut, menurutnya Kemkominfo tidak dapat bekerja sendiri. Oleh karena itu Johnny meminta dukungan dari sejumlah menteri di kabinet Presiden Joko Widodo untuk juga berpartisipasi aktif.
 
"Dari Bapak Ibu menteri Bapak Menteri Dalam Negeri, Bapak Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Bapak Ibu menteri dan pimpinan kementerian lembaga lainnya, para gubernur para bupati dan walikota beserta jajaran untuk menyukseskan program ini," terangnya.
 
Baca juga:  Kemkominfo Buka 20 Ribu Pelatihan Literasi Digital
 
Hal ini menjadikan program literasi digital sebagai bentuk kolaborasi ekosistem secara menyeluruh di tingkat nasional. Dia meminta masyarakat Indonesia memanfaatkan dan mengikuti kelas literasi digital yang terbuka luas secara gratis di sepanjang tahun ini dan di tahun-tahun berikutnya.
 
"ini adalah titik transformatif di mana partisipasi saudara-saudari semua tidak hanya menandai kebangkitan nasional tetapi juga menunjukkan kebangkitan era baru era digital Nasional Indonesia," tutupnya.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif