Pertemuan KBRI Bangkok dengan UPN Veteran Jakarta membahas kerja sama dengan kampus di Thailand. Dok Kemendikbudristek.
Pertemuan KBRI Bangkok dengan UPN Veteran Jakarta membahas kerja sama dengan kampus di Thailand. Dok Kemendikbudristek.

UPN Veteran Jajaki Kerja Sama dengan Kampus di Thailand

Pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 18 Juni 2021 16:14
Bangkok: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok mengadakan pertemuan secara daring dengan jajaran Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta (UPNVJ), beberapa waktu lalu. Pertemuan ini membahas rencana ekspansi peluang kerja sama UPN Veteran Jakarta dengan lembaga pendidikan tinggi di Thailand.    
 
Duta Besar RI untuk Thailand, YM Rachmat Budiman mengatakan, pandemi covid-19 bukan menjadi hambatan untuk memperluas jejaring internasional, termasuk kerja sama pada bidang  pendidikan. Rachmat menyambut baik pertemuan dengan jajaran UPN Veteran Jakarta. 
 
"Dengan adanya pandemi, justru kami bersama perguruan tinggi di Indonesia bisa silaturahmi walaupun secara virtual. Tentu pertemuan ini akan memberikan manfaat khususnya bagi para stakeholder pendidikan di Indonesia," ujar mengutip keterangan tertulis Kemendikbudristek, Jumat, 18 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: UNAIR dan Jakarta Global University Teken MoU Kerja Sama
 
Ia mengatakan, sebelum melangkah ke taraf internasional, instansi pendidikan harus memiliki kapabilitas yang memenuhi standar internasional dan memiliki akreditasi yang baik. Dengan begitu, siap memberikan pengaruh bagi dunia.
 
"Penandatanganan MoU jangan dijadikan tujuan akhir, tetapi justru menjadi landasan untuk pengembangan kerja sama lainnya yang berkelanjutan sehingga MoU yang ditandatangani itu harus ada tindak lanjutnya. Tapi tentu kita harus sudah siap untuk go internasional," lanjut dia.
 
Sementara itu, Wakil Rektor bidang Akademik UPN Veteran Jakarta, Anter Venus mengatakan UPN sebagai universitas yang baru tujuh tahun menjadi PTN ini mencanangkan visi 'Universitas Unggul Berkualitas Internasional'. Salah satunya, diwujudkan melalui kerja sama dengan instansi pendidikan di luar negeri, termasuk Thailand.
 
"Pemilihan Thailand ini berdasarkan pertimbangan kualitas pendidikan di Thailand yang relatif lebih baik, sehingga berpotensi untuk menjadi mitra yang strategis,” ujarnya.
 
Baca: UNS dan Neu-Ulm University Jerman Sepakat Jalankan Pertukaran Mahasiswa
 
Anter Venus berharap dengan pertemuan bersama KBRI Bangkok ini bisa mendapatkan saran dan masukan dari Duta Besar dan juga Atase Pendidikan dan Kebudayaan terkait bentuk kerja sama dengan instansi pendidikan di Thailand yang berpeluang dan berpotensi. Melalui pertemuan ini juga, UPN Veteran Jakarta merencanakan membangun kerja sama dalam bentuk double degree.
 
Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud), Achmad Wicaksono memaparkan informasi awal tentang pendidikan tinggi di Thailand. Riset perguruan tinggi di Thailand mengacu kepada bidang-bidang yang menjadi target di Thailand. 
 
"Dalam mencapai Thailand 4.0 yang berorientasi pada industri masa depan, industri automobil, IT dan robotik, bisa menjadi topik kerja sama penelitian dengan perguruan tinggi di Indonesia," kata Wicaksono.
 
Sebelumnya, pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai progra, kerja sama dengan Negara Thailand. Kerja sama ini meliputi pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, pertukaran peneliti, kerja sama penelitian, kuliah tamu, dan sebagainya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif