Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, Medcom.id/Intan Yunelia.
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, Medcom.id/Intan Yunelia.

DPR Minta Pemerintah Perhatikan PTS Agar Tak Mati Suri

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 04 Juli 2018 19:41
Jakarta: Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo meminta pemerintah lebih memperhatikan keberadaan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), mengingat perannya yang tidak sedikit dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Apalagi daya tampung Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia masih sangat terbatas.
 
"Keberadaan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) saat ini belum mampu menampung besarnya jumlah anak bangsa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Rabu 4 Juli 2018.
 
Bamsoet berharap PTS, terutama yang sudah lama berdiri dapat diberi perhatian, seiring upaya pemerintah mengoptimalkan dan membenahi daya tampung yang dimiliki PTN. "Jangan sampai PTS mati suri, karena sarana dan prasarana pendidikannya tidak diperhatikan oleh negara," kata Bamsoet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dampaknya, akan semakin banyak anak-anak bangsa yang tidak bisa mengakses pendidikan tinggi. "Minimal, anak-anak kita yang belum tertampung di PTN masih bisa melanjutkan pendidikan tingginya di PTS," ujar politisi partai Golkar ini.
 
Baca: Menristekdikti Raih Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama dari ITB
 
Bamsoet menuturkan, setiap tahun negara mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit bagi pendidikan. Setidaknya, 20 persen dari APBN dialokasikan untuk anggaran fungsi pendidikan.
 
Jumlah APBN yang meningkat tahun ini, harus juga dioptimalkan bagi kemajuan kualitas pendidikan. "Besarnya anggaran tadi dibagi ke berbagai sektor pendidikan. Saya harap pembagian tersebut tidak melupakan keberadaan potensi PTS yang telah mendidik anak-anak bangsa sehingga bisa memperoleh ilmu pengetahuan," kata Bamsoet.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi