Ilustrasi jurnalis. Medcom
Ilustrasi jurnalis. Medcom

Begini Tujuan dan Alasan Pentingnya Konferensi Pers

Renatha Swasty • 06 Juli 2022 13:53
Jakarta: Perusahaan atau lembaga bakal membuat konferensi pers (press conference) kepada awak media saat melakukan sesuatu. Begitu juga dengan penyanyi yang baru saja mengeluarkan lagu atau album baru.
 
Tak jarang pula, pihak yang sedang mengalami kejadian cukup menghebohkan juga mengadakan press conference untuk memberitahukan informasi atau memberikan klarifikasi.
 
Sebenarnya apa konferensi pers? Apa tujuannya dan seberapa penting hal tersebut? Berikut penjelasannya dikutip dari Go Kampus:

Apa itu konferensi pers?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) konferensi pers adalah pertemuan pers yang diadakan tokoh untuk memberitahukan hal penting di hadapan wartawan dan utusan kantor berita lainnya yang akan media massa sebar luaskan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengutip dari buku “Jurnalisme Dasar: Panduan Praktis Para Jurnalis” karya Asti Musman dan Nadi Mulyadi (2017), press conference adalah pernyataan oleh seseorang yang mewakili suatu lembaga tentang kegiatannya kepada jurnalis.
 
Biasanya, penyelenggara press conference adalah pejabat pemerintah, tokoh politik dan masyarakat, hingga pimpinan lembaga atau perusahaan. Setelah press conference, pihak penyelenggara akan memberikan waktu untuk sesi tanya jawab antara jurnalis dengan narasumber sehingga informasi atau pernyataan tersebar dengan tuntas.

Megapa konferensi pers dibutuhkan?

Tujuan konferensi pers tentu untuk membagikan informasi atau pernyataan yang penting kepada jurnalis atau awak media agar dapat tersebar melalui media massa. Sehingga, publik dapat mengetahui informasi mengenai kegiatan, acara, atau hal lain yang pihak tersebut lakukan.
 
Mengutip dari buku “Manajemen Event” karya Sa’diyah (2020) terdapat dua alasan utama di balik konferensi pers. Alasan pertama, agar pihak penyelenggara sebagai narasumber dapat menjawab pertanyaan yang diajukan media secara langsung dan tuntas sehingga tak perlu menjelaskan berulang kali melalui telepon.
 
Alasan lainnya, untuk menarik perhatian media. Sehingga, media akan memberitakan isi dari press conference seluas-luasnya kepada masyarakat.
 
Biasanya terdapat beberapa informasi dalam konferensi pers kepada media. Informasi tersebut meliputi:
  1. Menyampaikan kinerja suatu perusahaan atau lembaga.
  2. Menyangkal gosip atau berita miring.
  3. Mempromosikan informasi terkait produk terbaru.
  4. Menyampaikan peningkatan layanan baru.
  5. Menyampaikan kampanye kemasyarakatan dan masih banyak lainnya.
Itulah penjelasan tentang press conference. Konferensi pers memiliki peran yang sangat penting untuk menyebarluaskan informasi. 
 
Baca juga: Kang Emil: Terima Kasih Media Memberitakan Eril dengan Adil 


 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif