Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pemerintah Sediakan 1.000 KIP Kuliah untuk Mahasiswa di Bengkulu

Pendidikan Pendidikan Tinggi KIP Kuliah
Antara • 20 Juni 2020 15:38
Bengkulu: Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan, pemerintah menyediakan 1.000 kuota Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sebagai bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang baru diterima di perguruan tinggi. KIP Kuliah ini juga untuk mahasiswa aktif di wilayah itu.
 
"Ada sekitar 1.000 kuota Kartu Indonesia Pintar dari pemerintah pusat untuk mahasiswa di Provinsi Bengkulu," kata Rohidin, melansir Antara, Sabtu, 20 Juni 2020.
 
Ia menjelaskan, selain untuk mahasiswa yang baru diterima, KIP ini juga akan diberikan untuk mahasiswa lama yang kesulitan membayar uang kuliah. Utamanya, mereka yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi virus korona (covid-19).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan memiliki KIP ini, kata dia, mahasiswa yang belum mampu membayar biaya kuliah tetap bisa mengikuti perkuliahan seperti biasanya. Tidak ada alasan bagi mahasiswa berhenti kuliah.
 
"Mahasiswa yang belum mampu membayar uang kuliah masih tetap diperbolehkan mengikuti perkuliahan sebagaimana mestinya," ujarnya.
 
Baca:Rektor: Mahasiswa IPB Pantang 'DO' Karena Tak Mampu Bayar UKT
 
Menurut Rohidin, dengan memiliki KIP, mahasiswa tidak hanya dibebaskan dari uang kuliah, tetapi juga akan mendapat uang bantuan hidup sebesar Rp700 ribu setiap bulan.
 
Ia menilai dengan kuota 1.000 KIP yang diberikan pemerintah ini akan sangat membantu mahasiswa di Bengkulu yang kesulitan biaya untuk tetap bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.
 
"Program KIP akan menjamin keberlangsungan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan ekonomi dan akademik," ungkap Rohidin.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif