Komisioner KPAI bidang Pendidikan Retno Listyarti.Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Komisioner KPAI bidang Pendidikan Retno Listyarti.Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

Penggunaan Nilai Akreditasi Sekolah dalam Jalur Prestasi Akademik Dikritisi

Pendidikan PPDB 2020 PPDB DKI Jakarta
Muhammad Syahrul Ramadhan • 02 Juli 2020 19:20
Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menerima pengaduan orang tua siswa terkait penggunaan akreditasi sekolah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi akademik. Kebijakan ini dianggap orang tua siswa tidak adil.
 
Komisioner KPAI bidang Pendidikan Retno Listyarti mengatakan, seleksi jalur prestasi akademik memang seharusnya hanya menggunakan nilai akademik calon peserta didik baru (CPDB).
 
"Kami sampaikan ke Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bisa enggak dikomunikasikan sebagai pembuat aturan," kata Retno di Kantor Itjen Kemendikbud, Jakarta, Kamis, 2 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Retno, kebijakan ini membuat siswa yang berasal dari sekolah dengan akreditasi tinggi lebih memiliki peluang yang besar. Sebaliknya, siswa berprestasi akademik namun berada di sekolah dengan akreditasi rendah berpotensi tersisih.
 
Baca:Dibuka 1 Juli, PPDB DKI Jalur Prestasi Akademik Utamakan Nilai Rapor
 
"Misal yang akreditasinya sekolah-sekolah swasta, nilai akreditasinya 99, kemudian dikalikan nilai anak, ya kalah anak sekolah negeri yang nilai akreditasi (sekolah) cuma 87," papar Retno.
 
Persoalan penggunaan nilai akreditasi dalam PPDB jalur prestasi akademik ini menjadi salah satu materi yang disampaikan KPAI kepada Itjen Kemendikbud. KPAI total menerima 83 pengaduan terkait masalah PPDB 2020.
 
Substansi aduan beragam, mulai dari teknis sampai dengan kebijakan. Retno memerinci, pengaduan masalah teknis PPDB mencapai 21,33 persen, sedangkan terkait kebijakan 78,67 persen.
 

(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif