Ilustrasi: Foto: ANT/Indrianto Eko Suwarso
Ilustrasi: Foto: ANT/Indrianto Eko Suwarso

SNMPTN/SBMPTN 2020

Rektor UNY: Pendaftaran UTBK Dibuka Awal Juni

Pendidikan Virus Korona SNMPTN/SBMPTN 2020
Citra Larasati • 05 April 2020 09:25
Jakarta: Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa mengungkapkan hasil rapat Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang telah menyepakati jadwal pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan dibuka awal Juni 2020. Sedangkan pelaksanaan UTBK-nya akan digelar sekitar akhir Juni.
 
Sutrisna mengatakan, keputusan tersebut menyesuaikan dengan batas waktu masa darurat bencana yang ditetapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yakni 29 Mei 2020. "Dari BNPB kan masa daruratnya sampai 29 Mei 2020, maka pendaftaran UTBK akhir Mei atau awal Juni. Kemudian pelaksanaan UTBK-nya akhir Juni, kemudian SBMPTN, lalu sudah harus diumumkan Juli. Setelah itu sudah harus masuk Seleksi Mandiri soalnya," kata Sutrisna saat dihubungi Medcom.id, Minggu, 5 April 2020.
 
Skenario tersebut bersifat sementara, sambil menunggu perkembangan situasi penyebaran virus korona (covid-19) di Indonesia. Termasuk jika BNPB kembali memperpanjang masa darurat bencana, maka akan berpengaruh juga terhadap penyesuaian kembali jadwal UTBK tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Rektor UNY Bocorkan Skenario UTBK di Tengah Korona
 
Menurut Sutrisna, dalam waktu dekat LTMPT akan menyampaikan pengumuman resminya terkait jadwak UTBK tersebut. Jadwal tersebut masih bisa berubah, menyesuaikan perkembangan terkini covid-19 di Indonesia.
 
"Kalau masa darurat bencana covid-19 diundur, maka UTBK bisa jadi diundur lagi dan masa pendaftarannya kemungkinan akan dipersingkat, misal hanya dua minggu saja. Kita lihat nanti perkembangannya," ungkap Wakil Ketua II LTMPT ini.
 
Baca juga:Terdampak Korona, Jadwal UTBK 2020 Ditunda
 
Sebelumnya, dalam unggahan Rektor UNY di akun YouTube pribadinya, Sabtu, 4 April 2020, Sutrisna berbagi bocoran terkait pelaksanaan UTBK 2020. "Ia betul, kebetulan kemarin sore kita baru adakan rapat online. UTBK pendaftarannya Juni, pelaksanaannya akhir Juni. Nanti akan ada pengumuman resminya," kata sutrisna saat dikonfirmasi Medcom.id terkait unggahannya yang berjudul "QnA Kebijakan di UNY, dan UTBK".
 
Jawaban tersebut disampaikan Sutrisna saat menjawab pertanyaan tentang UTBK yang disampaikan pemilik akun Instagram (IG) @ta.ktaui melalui Direct Message (DM) di akun IG miliknya.
 
Berikut adalah jadwal UTBK 2020 sebelum ditunda karena wabah Korona. Jadwal ini sempat diumumkan pada 9 Maret 2020 lalu:
 
1. Pendaftaran UTBK Tahap Ke-1 akan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret-11 April 2020, dan Tes UTBK Tahap Ke-1 akan dilaksanakan pada tanggal 20-26 April 2020.
 
2. Pendaftaran UTBK Tahap Ke-2 akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 April 2020, dan Tes UTBK Tahap ke-2 akan dilaksanakan pada tanggal 1-3 Mei 2020.
 
3. Peserta Pemilik Nomor Pendaftaran KIP Kuliah tidak dikenakan biaya pendaftaran untuk mengikuti satu kali UTBK (pada tahap ke-1 atau tahap ke-2). Peserta Pemilik Nomor Pendaftaran KIP Kuliah akan dikenakan biaya UTBK untuk keikutsertaan tes yang kedua kalinya, dengan biaya sebesar Rp200 ribu (untuk Kelompok Ujian Saintek atau Soshum) dan Rp300 ribu (untuk Kelompok Ujian Campuran).
 
4. Peserta nonKIP Kuliah yang akan mengikuti UTBK, baik Tahap ke-1 maupun tahap ke-2, dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp200 ribu (untuk Kelompok Ujian Saintek atau Soshum) dan Rp300 ribu (untuk Kelompok Ujian Campuran).
 
5. Peserta yang mengikuti Tes UTBK dua kali, Kelompok Ujian yang diambil harus sama antara Tes UTBK Tahap ke-1 dan Tes UTBK Tahap ke-2.
 
6. Pengumuman Hasil UTBK Tahap Ke-1 dan Tahap ke-2 akan dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2020.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif