Ilustrasi. Foto: Antara/Prasetia Fauzan
Ilustrasi. Foto: Antara/Prasetia Fauzan

Hari Lahir Pancasila

Inovasi dan Kerja Nyata, Wujud Nilai Pancasila di Tengah Pandemi

Pendidikan hari lahir pancasila
Muhammad Syahrul Ramadhan • 02 Juni 2020 08:07
Jakarta: Sekretaris Utama Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Karjono menyampaikan ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila di tengah pandemi virus korona (covid-19). Beberapa di antaranya yakni inovasi dan kerja nyata.
 
"Melakukan inovasi dan kerja nyata untuk mewujdkan cita-cita luhur pendiri bangsa," kata Karjono dalam diskusi kebangsaan daring yang digagas Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) bertajuk 'Hari Lahir Pancasila' di kanal Youtube UNS, Senin, 1 Juni 2020.
 
Ia menegaskan Indonesia harus mampu mandiri sebagai bangsa dalam mengatasi masa sulit pandemi. Hal ini bisa terwujud ketika banyak anak bangsa bisa menciptakan ragam inovasi di bidang pangan, pertanian, peternakan, dan sektor lainnya guna mengatasi masa krisis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karjono menyatakan, inovasi yang bisa dilakukan di tengah pandemi ini adalah ikut berlomba dengan negara lain dalam menghasilkan solusi. Misalnya, dengan menemukan vaksin.
 
"Artinya yang harus mereka lakukan berlomba menemukan, menghasilkan solusi," ujarnya.
 
Baca:Pandemi Momentum Tunjukkan Semangat Membumikan Nilai Pancasila
 
Pandemi ini juga bisa menjadi batu loncatan Indonesia menuju cita-cita negara. Sudah barang tentu, dengan inovasi yang superlative atau yang berkualitas tinggi.
 
“Kita wajib optimistis. Menerapkan sistem kerja dalam normal baru, tetap waspada, taat, tunduk, patuh protokol covid-19," jelasnya.
 
Sebagai intisari Pancasila, kerja nyata di tengah pandemi juga wajib hukumnya. Aspek ini bisa dilakukan dengan mencari cara membuat perekonomian stabil.
 
"Langkah yang dilakukan harus bersatu, berbagi saling membantu,” tuturnya.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif