Suasana pembelajaran di kelas. Foto: MI/Panca Syurkani
Suasana pembelajaran di kelas. Foto: MI/Panca Syurkani

Pelatihan Guru Berbasis Zonasi Fokus di Mata Pelajaran UN

Pendidikan ujian nasional guru
Intan Yunelia • 19 November 2019 16:05
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun ini mulai menurunkan sekitar 1.200 instruktur nasional untuk melatih guru-guru inti di seluruh Indonesia. Pelatihan fokus kepada mata pelajaran (mapel) yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN).
 
“Iya karena sekarang ini kan sudah berjalan dan kita fokuskan kepada mapel-mapel yang di UN-kan. Nanti tahun depan akan kita lanjutkan kembali, karena ini sekarang lagi berputar. Ada yang in 3, in 4 bahkan ada yang in 5,” kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (DIrjen GTK) Kemendikbud, Supriano usai Audiensi Kemendikbud dengan World Bank untuk Evaluasi dan Rencana Kerja Sama Layanan Pendidikan 'The Promise of Education in Indonesia', di Gedung A Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa, 19 November 2019.
 
Menurut Supriano, untuk anggaran pelatihan tahun ini masih dirumuskan. Ke depan, semua guru pembelajar bisa naik tahap menjadi guru inti secara keseluruhan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kalau anggaran kita masih melihat, nanti kita bisa cari skema lain karena yang namanya guru pembelajar ini harus setiap saat, nanti kita dorong ke guru inti,” ujar Supriano.
 
Setiap guru inti berkewajiban memberikan pelatihan kepada guru-guru lainnya. Dengan begitu, peningkatan kompetensi guru bisa cepat terealisasi.
 
“Guru inti kan sekarang ada 25 ribu guru. Kita harapkan satu guru inti mengajar 20 guru sasaran tahun ini,” tutur Supriano.
 
Sebelumnya, Kemendikbud mulai menyebar ribuan instruktur nasional ke masing-masing zonasi untuk melatih para guru tahun ini. Pelatihan tersebut dilakukan guna meningkatkan kompetensi dan kualitas guru, utamanya guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).
 
"Tahun ini kita melatih berdasarkan zona. Kita siapkan instruktur nasional 1.200 untuk melatih guru-guru inti di masing-masing zonasi," kata Supriano.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif