Siswa korban banjir di Lebak, Banten yang hingga kini masih mengungsi di Posko Pengungsian. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
Siswa korban banjir di Lebak, Banten yang hingga kini masih mengungsi di Posko Pengungsian. Foto: Medcom.id/Citra Larasati

Pelaksanaan UN di Sekolah Terdampak Bencana Dapat Dispensasi

Pendidikan Ujian Nasional
Muhammad Syahrul Ramadhan • 22 Januari 2020 09:09
Jakarta:Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) memastikan siswa yang rumah maupun sekolahnya terdampak bencana mendapatkan dispensasi dalam pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini. Nantinya pelaksanaan akan diatur secara khusus berkoordinasi dengan dinas pendidikan di derah terdampak bencana.
 
Anggota BSNP, Kiki Yuliati menyebutkan, dispensasi tersebut tidak hanya dikhususkan bagi sekolah yang terdampak bencana. Tapi juga untuk kasus khusus peserta didik yang ada di Lembaga Pemasyarakatan.
 
Bentuk dispensasi dapat berbentuk penyesuaian terkait jadwal, tempat, moda pelaksanaan, bahan, dan pengolahan hasil UN. Hal tersebut tercantum dalam POS UN bab XV tentang Pengaturan Khusus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kemudian daerah yang memiliki hari perayaan keagamaan yang berbeda secara nasional, itu juga mendapat dispensasi dan itu dilakukan berkoordinasi dengan dinas setempat,” terang Kiki di Gedung BSNP, Jakarta Selatan, Selasa 21 Januari 2020.
 
Lebih lanjut Kiki mengatakan, dispensasi ini akan dilihat per kasus. Misalnya wilayah yang terdampak bencana, semuanya tidak otomatatis mendapatkan dispensasi untuk pelaksanaan UN.
 
“Karena kalau kita bicara wilayah, dalam wilayah yang sama ada sekolah atau satuan pendidikan ada yang terkena bencana ada yang tidak. Sehingga untuk itu memang secara detail akan dikoordinasikan dengan dinas setempat bersama Puspendik (Pusat Penilaian Pendidikan). Kita biasanya menyepakati waktu pelaksanaan UN yang paling tepat untuk anak -anak peserta didik di wilayah khusus, akan diatur khusus spesifik per kasus,” imbuhnya.
 
BSNP sendiri telah mengeluarkan jadwal UNBK tahun pelajaran 2019/2020. Untuk jenjang SMP/MTs/Wutsha/Paket B akan dilaksanakan 20 April-23 April 2020.
 
Kemudian jenjang SMA/MA/SMAK dilaksanakan pada 30 Maret-2 April 2020. Untuk SMK/MAK 16 Maret-19 Maret 2020 dan jadwal UNBK Paket C mulai 4 April-7 April 2020.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif