Suasana ?Kompetisi Regional Greenmech dan Robot for Mission 2020 di Untar.  Foto: Untar/Humas
Suasana ?Kompetisi Regional Greenmech dan Robot for Mission 2020 di Untar. Foto: Untar/Humas

Untar Tuan Rumah 'Greenmech dan Robot for Mission 2020'

Pendidikan Prestasi Pelajar
Muhammad Syahrul Ramadhan • 20 Januari 2020 21:56
Jakarta: Kompetisi Regional Greenmech dan Robot for Mission 2020 digelar pada Sabtu, 18 Januari 2020. Universitas Tarumanegara kembali menjadi tuan rumah pada ajang yang digelar sejak 2017 ini.
 
Kompetisi ini terdiri dari tiga jenjang, yakni tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. Ajang ini bertujuan untuk mengembangkan semangat kreativitas dan kerja sama tim ini dengan menggunakan prinsip saintifik yang mengombinasikan lima aspek pembelajaran dan pengembangan yang dikenal dengan istilah STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics).
 
Rektor Untar Agustinus Purna Irawan menjelaskan, gelaran ini bisa menjadi bekal bagi para peserta agar menjadi ahli-ahli robot masa depan yang siap memajukan Indonesia. Lebih lanjut ia mengatakan, peserta diajak untuk berpikir kreatif dan mengembangkan IPTEK sejak dini yang diperlukan di dunia industri maupun kehidupan sehari-hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kompetisi seperti ini penting dilaksanakan untuk mendukung Revolusi Industri 4.0 yang dicanangkan pemerintah,” kata Agustinus dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Jakarta, Senin, 20 Januari 2020.
 
Direktur Rumah Edukasi sekaligus Ketua Penyelenggara Kompetisi, Mulia Anton menyebut ajang yang sudah masuk tahun keempat ini merupakan upaya memperjuangkan pendidikan STEAM bagi anak-anak. Ia berharap, anak-anak dapat dapat menyadari pentingnya praktik pembelajaran terintegrasi sejak dini.
 
Tercatat sejak 2017 sudah banyak kompetesi yang digelar. Baik tingkat regional maupun nasional. Selanjutnya tim yang berhasil lolos kompetisi regional berkesempatan mengikuti kompetisi nasional yang akan dilaksanakan pada 18 April 2020 di Jakarta.
 
Tim yang lolos seleksi nasional dapat mengikuti kompetisi internasional di Thailand, pada 6 Agustus 2020.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif