Menristekdikti Targetkan UI Masuk 200 Kampus Dunia
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir. (Foto: MI/Denny).
Depok: Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menargetkan Universitas Indonesia (UI) bisa masuk ke dalam urutan 200 kampus dunia pada 2019.

"Kemudian Institut Teknologi Bandung (ITB) masuk ke dalam 250 dunia dan Universitas Gadjah Mada (UGM) ke dalam 300 dunia pada 2019," ujar Nasir dilansir Antara, Jakarta, Kamis, 1 Maret 2018.


Nasir menargetkan UI masuk 200 kampus dunia lantaran baru mendapatkan hibah laboratorium otomasi sehingga Fakultas Teknik (FT) UI terhubung dengan Honeywell. Pemberian bantuan laboratorium otomasi itu sangat penting dalam memajukan pendidikan tinggi di Tanah Air, utamnya dalam menghadapi revolusi industri keempat.

"Amerika Serikat mempunyai pengalaman tinggi dalam teknologi. Kami berharap kerja sama ini terus bisa ditingkatkan karena riset sangat penting bagi negara kami," katanya.

Nasir juga mendorong perguruan tinggi untuk melakukan kolaborasi dengan perguruan tinggi lainnya yang ada di dunia dalam meningkatkan penelitian serta mutu perguruan tinggi.

Laboratorium yang diberikan Honeywell menggunakan sistem dan perangkat lunak canggih untuk mengendalikan berbagai fasilitas di beberapa gedung kampus FTUI.

Keberadaannya bakal memungkinkan para mahasiswa dan dosen melakukan simulasi, belajar, dan mengembangkan sistem gedung pintar dengan menggunakan modul dan perangkat lunak.

"Kami bangga menjadi universitas pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas canggih di Fakultas Teknik kami. Kami juga berterima kasih kepada Honeywell atas komitmen dan dukungannnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan teknik di Indonesia," kata Rektor UI Muhammad Anis.

Fasilitas tersebut diharapkan menjadi nilai tambah bagi program teknik sehingga mahasiswa dapat mempelajari teknologi terkini dari industri otomasi gedung dan sistem kendali. Kampus FTUI menjadi kmapus pertama di Indonesia yang terhubung dengan Honeywell Building Technologies.



(HUS)