penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor Unpad Rina Indiastuti dan Rektor Binus University Hardjanto Prabowo - Unpad
penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor Unpad Rina Indiastuti dan Rektor Binus University Hardjanto Prabowo - Unpad

Siap-Siap, Unpad dan Binus University akan Buka Program Magister Double Degree

Renatha Swasty • 27 September 2022 20:11
Jakarta: Universitas Padjadjaran (Unpad) bersama Binus University berencana membuka program Magister dengan skema Joint Degree/Double Degree. Penyelenggaraan model pendidikan dan riset melalui program Gelar Ganda ini diharapkan menjadi kontribusi Unpad dan Binus menjawab tantangan bangsa.
 
Rencana pembukaan program tersebut diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor Unpad Rina Indiastuti dan Rektor Binus University Hardjanto Prabowo di Auditorium Gedung Binus University Kampus Anggrek, Jakarta. Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut digelar di sela pengukuhan Guru Besar Binus University Engkos Achmad Kuncoro.
 
Rina menyebut kolaborasi Unpad dan Binus dilakukan sebagai bentuk sinergi baik antara perguruan tinggi negeri dan swasta. Kolaborasi sebagai wahana untuk berbagi sumber daya, pengalaman, hingga visi misi antar perguruan tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Unpad di usianya yang ke-65 tahun dirasakan terus menerus mengakumulasikan iptek serta riset dan pengembangan, sehingga kami harus sudah membuka diri atas akumulasi pengetahuan tersebut,” kata Rina.
 
Rina menyebut dalam menjawab berbagai tantangan permasalahan bangsa, Unpad dan Binus University memiliki beberapa kesamaan. Kesamaan ini dapat diperkuat melalui kolaborasi untuk menghasilkan manfaat lebih besar.
 
Dia mengatakan pembukaan program Magister Double Degree ini guna memperkuat pelaksanaan layanan pendidikan hybrid di Unpad. Penyelenggaraan model pendidikan ini diharapkan dapat menjangkau peserta lebih luas dengan pengayaan konten pendidikan yang mampu mencetak kompetensi dan lulusan berkualitas.
 
“Melalui program ini, dosen Unpad dan Binus, termasuk mahasiswa dan mitra strategisnya akan lakukan sharing sehingga bisa menjalankan pendidikan secara fleksibel tetapi tetatp terstruktur dan bertarget,” kata Rina.
 
Rina menyebut kerja sama ini juga untuk mematahkan anggapan mengenai ketimpangan antara perguruan tinggi negeri dan swasta. “Ini menjadi inovasi untuk memunculkan pemahaman antara kedua institusi yang selama ini dipersepsikan di pasar berbeda menjadi sama,” tutur dia.
 
Sementara itu, Hardjanto Prabowo mengapresiasi inisiasi Unpad berkolaborasi dengan Binus. Kolaborasi ini menunjukkan sesama perguruan tinggi nasional memiliki semangat bersama dalam memberikan layanan pendidikan yang lebih baik.
 
“Dalam waktu dekat akan diluncurkan kerja sama Joint Degree dan akan berlanjut ke arah kerja sama riset dan faculty member,” kata Hardjanto.
 
Baca juga: Selamat! Menkes Tetapkan RSGM Unpad Jadi Rumah Sakit Pendidikan 

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif