Aplikasi belajar Alquran interaktif buatan mahasiswa UI. Dok Humas UI
Aplikasi belajar Alquran interaktif buatan mahasiswa UI. Dok Humas UI

Mahasiswa UI Kembangkan Aplikasi Belajar Alquran Interaktif

Pendidikan Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian Universitas Indonesia Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 19 Februari 2021 21:00
Jakarta: Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) mengembangkan aplikasi berbasis interactive learning, collaborative learning, dan game based learning untuk membantu masyarakat agar lebih dekat dengan Alquran secara visual. Berkat inovasi ini, mereka berhasil memenangkan kompetisi nasional Hackathon yang diselenggarakan Muslim Hackfest.
 
Para mahasiswa ini tergabung dalam Tim Hafidz Lab. Gagasan awal pengembangan aplikasi tersebut adalah karena adanya keinginan untuk membantu aktivitas keagamaan pribadi di kehidupan sehari-hari. Mereka membuat aplikasi ini agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat muslim secara luas.
 
"Kami berharap aplikasi Alquran Learning Laboratory yang kami buat dapat membawa manfaat bagi umat Islam secara mendunia," kata ketua tim Ketua Tim, Lulu Ilmaknun Qurotaini melalui keterangan tertulis, Jumat, 19 Februari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, aplikasi ini dapat membantu pengguna belajar dan berinteraksi dengan Alquran melalui fitur-fitur, seperti personal test yang membantu pengguna dalam proses penghafalan Alquran. Selain itu, fitur multiplayer yang memungkinkan pengguna berkompetisi dengan pengguna lainnya. 
 
Baca: Unpad Gelar Lomba TTS Berbahasa Sunda Virtual
 
Fitur lain adalah challenge, yakni ruang interaksi antar pengguna untuk memberikan tantangan dan fitur progress record yang digunakan untuk merekam riwayat dan kemajuan dari hafalan Alquran pengguna.
 
Pengembangan aplikasi ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk menghasilkan pilihan jawaban otomatis yang diambil berdasarkan statistik kesalahan pengguna paling banyak. Selain itu, aplikasi ini juga dibangun dengan menggunakan teknik progressive web applications, yang memungkinkan pengguna dapat merasakan pengalaman menggunakan website layaknya mobile app. 
 
Aplikasi ini dapat diakses dalam kondisi offline dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan.
 
Koordinator Humas Fasilkom UI Panca Hadi Putra mengatakan, sebelumnya juga telah meluncurkan inovasi dan beragam aplikasi dengan tema islami. Antara lain, aplikasi online arabic learning yang dikembangkan oleh laboratorium Digital Library and Distance Learning (DL2) Fasilkom UI.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif