Direktur Pendidikan ITS Dr Eng Siti Machmudah ST MEng. Dok Humas ITS.
Direktur Pendidikan ITS Dr Eng Siti Machmudah ST MEng. Dok Humas ITS.

ITS Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Prestasi, Ini Penjelasannya

Pendidikan Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi ITS
Arga sumantri • 11 Mei 2021 12:12
Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melakukan sosialisasi jalur masuk program sarjana dan sarjana terapan (vokasi) melalui jalur Seleksi Kemitraan, Mandiri dan Prestasi (SKMP). Jalur ini ditujukan untuk memberi kesempatan para siswa yang memiliki nilai UTBK rendah atau gagal masuk ITS lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN.
 
Direktur Pendidikan ITS Siti Machmudah mengatakan, siswa bisa masuk ITS melalui program SKMP dengan cara mengikuti ujian tulis Tes Kemampuan Akademik (TKA) ITS yang dilakukan secara daring. Atau, tetap menggunakan nilai UTBK yang sudah didapat.
 
"Seleksi ini (SKMP, red) dapat diikuti oleh siswa dari lulusan SMA, SMK, maupun MA dengan mengikuti seleksi UTBK atau TKA ITS, menyertakan nilai rapor, dan deskripsi diri serta portofolio untuk prodi tertentu," kata Machmudah mengutip siaran pers ITS, Selasa, 11 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, kata dia, jalur penerimaan ini hanya SKM, lalu diperbarui dengan penambahan jalur prestasi menjadi SKMP untuk calon mahasiswa baru. Jalur prestasi ini berguna untuk menjaring para siswa yang mempunyai prestasi akademik dan nonakademik, baik tingkat internasional, nasional, dan provinsi.
 
Baca: LPDP-Kemendikbudristek: 1.000 Beasiswa IISMA di Kampus Top Dunia
 
Prestasi yang didaftarkan bisa berupa olahraga, olimpiade sains, karya tulis ilmiah, seni, organisasi (ketua OSIS), dan hafidz dengan melampirkan sertifikat yang mendukung prestasi tersebut. Prestasi yang diperoleh minimal harus didapatkan semasa masih di jenjang pendidikan SMA atau sederajatnya.
 
ITS siap mewadahi siswa berprestasi yang akan diakomodasi dengan keistimewaan khusus. Yaitu, untuk mahasiswa khusus jalur prestasi ini hanya perlu membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) tanpa perlu membayar biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). 
 
"Sistem SKMP akan mewadahi dengan penuh agar mahasiswa dapat menuntut ilmu sesuai hasil yang telah diujikan," ujar dosen Teknik Kimia ini.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif