Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Jokowi: Mahasiswa Jangan Hanya Belajar di Kampus

Pendidikan Pendidikan Tinggi Kampus Merdeka Merdeka Belajar Ibunda Presiden Jokowi Wafat Perguruan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 15 Juni 2021 13:26
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa belajar tidak cukup dilakukan dalam ruang kelas. Jokowi pun mengajak mahasiswa untuk belajar di manapun.
 
"Bukan hanya di kampus saja, tetapi juga di industri, kearifan itu bukan hanya ada di kampus, tetapi juga ada di masyarakat, jadi jangan hanya belajar di kampus, bisa juga di masyarakat," kata Jokowi dalam Festival Kampus Merdeka secara daring, Selasa 15 Juni 2021.
 
Jokowi mengatakan mahasiswa harus diberi kesempatan untuk belajar dari siapa saja, bukan hanya dari dosen. Mahasiswa bisa belajar di masyarakat, industri dan tempat-tempat lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan wali kota Solo itu menambahkan, bahan belajar siswa juga harus diperluas. Buku tak boleh jadi satu-satunya alat pembelajaran.
 
"Bahan ajar bagi mahasiswa itu bukan hanya di buku juga, tetapi juga praktik di lapangan dan karya mahasiswa itu bukan hanya karya akademik, tetapi juga karya-karya berupa teknologi yang solutif bagi masyarakat," terangnya.
 
Baca: Jokowi Sebut Karakter yang Harus Dimiliki Lulusan Perguruan Tinggi
 
Menurut Jokowi, mahasiswa pun harus memiliki kemampuan berwirausaha dan berkontribusi secara sosial. Mahasiswa harus mampu memecahkan masalah-masalah sosial.
 
Jokowi juga meminta kalangan industri membuka diri untuk menerima mahasiswa magang. Industri harus masuk kampus untuk ikut mengajar dan riset bersama dengan dosen dan dengan mahasiswa.
 
Dia juga meminta kepada jajaran kabinet hingga pemerintah daerah untuk mengembangkan ekosistem yang kondusif bagi Merdeka Belajar. Terutama program Kampus Merdeka.
 
"Dengan ekosistem yang baik akan muncul antusias dari semua pihak dan saya harap ini bisa berkelanjutan dan terus meningkat," tuturnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif