Menristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro. Foto:  Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Menristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

Mahasiswa Dituntut Memiliki Sikap Toleransi Aktif

Pendidikan pancasila
Muhammad Syawaluddin • 29 Oktober 2019 15:22
Jakarta: Menteri Riset Teknologi (Menristek), Bambang Brodjonegoro mengatakan, mahasiswa harus memiliki sikap toleransi aktif untuk menjaga persatuan Indonesia tetap kuat. Selalu berusaha bertoleransi di komunitas, baik di lingkungan kampus sampai di tengah masyarakat.
 
"Persatuan harus dirawat harus dijaga, karena itu untuk merawat persatuan ini, pentingnya toleransi aktif mahasiswa, dalam hidup bermasyarakat bernegara," kata Bambang dalam paparanya diPembekalan Pancasila Wawasan Kebangsaan, di BPPT Jakarta, Selasa, 29 Oktober 2019.
 
Bambang menjelaskan, yang menjadi dasar toleransi aktif adalah Pancasila. Karena Pancasila adalah titik temu agama dan demokrasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau lihat agama di sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa, dasar keagamaannya. Bicara demokrasi sila keempat, Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan," terangnya.
 
Dengan mengedepankan toleransi, menurut mantan Kepala Bappenas ini, maka dapat menjadi peletak dasar Indonesia sebagai negara maju. "Jadi jangan lihat toleransi, persamaan sebagai hambatan, lihatlah sebagai dasar kuat sebagai dasar negara yang maju," ujarnya.
 
Bambang mencontohkan, Amerika Serikat yang menghargai perbedaan dengan memberi kesempatan kepada seluruh warga negaranya mencapai mimpinya, 'American Dreams'. Ia pun berharap mahasiswa Indonesia juga mempunyai mimpi serupa untuk Indonesia.
 
"Generasi muda harus mulai berpikir apa mimpi indonesia. Saya memberi masukan, mimpi Indonesia paling tidak menjadi negara maju di perayaan 100 tahun Indonesia," saran Bambang
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif