Ilustrasi Monday Blues. Shutterstock
Ilustrasi Monday Blues. Shutterstock

Rasakan Monday Blues? Ini 6 Tips Atasi Rasa Cemas di Hari Senin

Pendidikan kesehatan kesehatan mental
Renatha Swasty • 09 Mei 2022 17:39
Jakarta: Sobat Medcom kerap mengeluh setiap hari senin datang? Atau mesti masuk setelah libur panjang?
 
Perasaan cemas, sedih, enggan, atau kesal menjelang hari Senin disebut dengan Monday Blues Syndrome. Sindrom yang menggambarkan emosi negatif ini hadir di penghujung akhir pekan karena merasa tidak bahagia untuk memulai beraktivitas kembali di hari Senin.
 
Monday Blues bisa dirasakan semua orang, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Sebetulnya, wajar-wajar saja bila sesekali merasakan Monday Blues.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, bila dirasakan hampir setiap minggu, ada baiknya mencari tahu sumber masalah dan mencoba untuk mengatasinya. Sebelum itu, mari cari tahu dulu seperti apa sebetulnya ciri-ciri Monday Blues hingga cara mengatasinya dikutip dari Ruangguru:

Pengertian dan ciri-ciri Monday Blues

Psikolog klinis Beta Kurnia menyebut Monday Blues menggambarkan emosi yang kurang menyenangkan, seperti sedih, cemas, lelah, hingga stres yang dirasakan terkait hari Senin. Kondisi ini bisa menjadi petunjuk ada stresor (pemicu stres) tertentu di hari Senin, seperti aktivitas yang dilakukan atau lingkungan yang ditemui di hari Senin.
 
Sehingga, yang menjadi stresor itu bukan hari Senin, tetapi apa yang terjadi pada hari Senin.
Pada kondisi yang lebih serius, orang yang mengalami Monday Blues bisa mengalami ketakutan ekstrem pada hari Senin sampai membuatnya tidak mau keluar rumah.
 
Hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, untuk mendapatkan diagnosa yang akurat, harus dilakukan pemeriksaan atau melakukan konsultasi psikologis dengan profesional seperti psikolog atau psikiater. Jangan mendiagnosa diri sendiri tanpa bantuan profesional, ya!

Tips mengatasi Monday Blues

1. Cari tahu akar masalahnya

Merasa enggan belajar atau bekerja di hari Senin? Jika Monday Blues terjadi hampir setiap minggu, maka ada sesuatu yang salah dengan yang Sobat Medcom jalani. Hanya mencemaskan tentang apa yang akan terjadi di depan tidak akan menyelesaikan masalah.
 
Coba Sobat Medcom ambil pulpen dan kertas, lalu catat apa yang sebetulnya menjadi masalah. Mulai dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini:
  1. Apa sebenarnya perasaan yang dirasakan? Marah, sedih, takut, atau cemas?
  2. Apa yang sebetulnya membuat stres? Apakah itu orang lain atau tugas yang harus diselesaikan?
  3. Apa yang kira-kira bisa dilakukan untuk mengatasinya?
Mengetahui secara jelas masalah utamanya akan membantu mencari solusi dan mencegah masalah berulang.

2. Lakukan kegiatan menyenangkan/me time

Kira-kira hal apa yang bisa membuat bahagia dan kembali bersemangat? Kenali apa yang sebetulnya menjadi kebutuhan dirimu sebelum menyambut hari Senin. Apakah Sobat Medcom membutuhkan istirahat, bertemu dengan teman dan keluarga, melakukan me time, melakukan hobi, olahraga, relaksasi, atau yang lainnya? Lakukan hal-hal yang bisa membua kembali bersemangat dan memberikan emosi positif.

 3. Jauhkan diri dari berbagai tugas saat weekend

Waktu di hari Sabtu dan Minggu sebaiknya dimanfaatkan penuh sebagai waktu istirahat. Hindari membahas tugas sekolah, target belajar, atau pekerjaan di akhir pekan. Fokuskan kegiatan di waktu weekend untuk dirimu sendiri dan hal-hal yang disenangi.

 4. Persiapkan hari Senin dari hari Jumat

Senin bisa menjadi hari yang lebih stres akibat menumpuknya tugas atau pekerjaan yang belum diselesaikan di minggu sebelumnya. Nah, untuk mengatasinya, pastikan Sobat Medcom telah menyelesaikan tugas pada hari Jumat dan buat catatan to do list untuk seminggu ke depan. Cara ini bisa membantu kamu untuk memulai pekan selanjutnya dengan lebih santai.

5. Bangun lebih awal di hari Senin

Punya kebiasaan bedagang setiap weekend? Coba untuk mengurangi kebiasaan ini dan mulai tidur lebih awal di Minggu malam. Durasi istirahat yang cukup akan membantu Sobat Medcom bangun lebih awal di hari Senin dan lebih segar. Waktu ekstra di pagi hari Senin itu bisa digunakan untuk me time, meditasi, menyiapkan sarapan, sehingga Sobat Medcom lebih siap menghadapi hari Senin.

6. Memilih pakaian favorit

Beberapa penelitian menunjukkan memilih pakaian favorit untuk dipakai keesokan hari bisa menjadi cara ampuh meningkatkan mood agar lebih semangat menjalani hari. Kenakan baju kesukaan di hari Senin guna meningkatkan mood positif. Sobat Medcom juga bisa mencoba baju baru atau gaya berpakaian baru supaya lebih bersemangat.
 
Bagaimana, sudah siap menghadapi hari Senin? Terapkan beberapa tips tadi sebagai amunisi mengatasi Monday Blues.
 
Baca: Libur segera Usai, Awas Kena Post Holiday Blues
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif