Ilustrasi undang-undang. Medcom.id
Ilustrasi undang-undang. Medcom.id

RUU Praktik Psikologi Diubah Jadi RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi

Ilham Pratama Putra • 04 Juli 2022 14:43
Jakarta: DPR dan pemerintah sepakat mengubah judul Rancangan Undang-Undang (RUU) Praktik Psikologi menjadi RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi. Perubahan setelah mendapat masukan banyak pihak.
 
"Perubahan disetujui karena pendidikan psikologi bukan hanya layanan praktik psikologi," kata Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam Raker Komisi X dengan pemerintah dikutip dari YouTube Komisi X DPR RI Channel, Senin, 4 Juli 2022.
 
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menjelaskan perubahan setelah pihaknya melakukan pertemuan, diskusi, dan konsinyering dengan sejumlah pihak membahas lima hal krusial dalam pembahasan RUU. Kelima isu krusial, yakni layanan praktik psikologi pendidikan dan tenaga psikolog, tata kelola penjaminan mutu, kemitraan, pembiayaan, serta organisasi profesi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setelah pembahasan terjadi dinamika dan diputuskan subtansi judul mengalami perubahan dari RUU Praktik Psikologi menjadi RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi," tutur Hetifah.
 
Dia mengatakan saat ini pihaknya terus mengkaji RUU tersebut. Komisi X DPR RI bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga meminta masukan masyarakat.
 
"Uji publik terus dilakukan ke akademisi dan universitas, organisasi profesi, dan lain sebagainya," tutur Hetifah.
 
Baca juga: Himpsi: RUU Praktik Psikologi Penting untuk Segera Disahkan
 

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif