Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahilah
Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahilah

Lulusan Perguruan Tinggi Tak Cukup Berbekal Sertifikat Kompetensi

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 06 Februari 2020 18:26
Jakarta: Pelatihan berkelanjutan dinilai bisa menjadi kunci peningkatan kompetensi pascapara lulusan Pendidikan Tinggi mendapatkan sertifikasi kompetensi.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Surveyor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Dzauqi Arani. Menurut Dzauqi, idealnya para profesional yang telah mendapatkan sertifikasi kompetensi dapat mengikuti pelatihan berkelanjutan yang mendukung performa di dunia kerja. Namun itu terhenti pada pemberian sertifikasi kompetensi semata.
 
Dzauqi mengungkapkan, saat ini terdapat banyak lembaga sertifikasi, tapi masih minim yang berorientasi kepada pelatihan yang berkelanjutan usai peserta bersertifikasi. Acap kali Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) sekadar memberikan sertifikat kompetensi semata, dan minim untuk memberikan pelatihan kompetensi yang dibutuhkan bagi para surveyor yang sudah tersertifikasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehingga, para surveyor tidak dapat meningkatkan skills yang dituntut di dunia kerja," jelasnya dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Jakarta, Kamis, 6 Februari 2020.
 
Sementara itu, Sekretaris Jenderal ISI, Harto Widodo menjelaskan, bahwa pelatihan berkelanjutan perlu adanya kerja sama antara LSP dan Asosiasi Profesi. Kekinian ia menyebut ada indikasi kolaborasi yang kurang mumpuni antara LSP dengan Asosiasi Profesi yang menyebabkan mandeknya pelatihan berkelanjutan.
 
“Oleh karena kebanyakan tidak dibentuk oleh asosiasi profesi spesifik sehingga tidak dapat menjawab kebutuhan akan pelatihan berkelanjutan usai surveyor memegang sertifikat kompetensi,” jelas Harto.
 
Bentuk kolaborasi yang bisa dijalin, jelas Harto, adalah LSP dapat proaktif merekomendasikan pemegang sertifikasi untuk memelihara kompetensinya melalui pelatihan berkelanjutan di asosiasi profesi yang menaungi. Dengan begitu para surveyor dapat meningkatkan skills yang dituntut di dunia kerja.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif