NEWSTICKER
Ilustrasi.  Foto:  Medcom.id/M. Rizal
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/M. Rizal

Lima Kampus di Surabaya Mulai Terapkan Kuliah Online

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Amaluddin • 17 Maret 2020 16:07
Surabaya: Lima perguruan tinggi di Surabaya akhirnya menerapkan sistem perkuliahan diterapkan secara daring atau online. Kebijakan ini diambil untuk mencegah meluasnya penyebaran virus korona atau covid 19.
 
Kelima perguruan tinggi tersebut adalah, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) IBMT, Universitas 17 Agustus (Untag), Universitas Narotama, dan Universitas Dinamika.
 
"Kami sampaikan bahwa kebijakan ini diterbitkan, menimbang situasi keamanan dan keselamatan bangsa Indonesia saat ini. Sehingga ITS meliburkan segala bentuk kegiatan akademik selama satu minggu, mulai 16-23 Maret," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS, Adi Soeprijanto, dalam pengumuman resmi yang diterima Medcom.id, Selasa, 17 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski demikian, Adi memastikan status kelulusan bagi calon wisudawan tidak akan berubah karena ditundanya wisuda ini. Wisudawan dapat mengambil ijazahnya di kantor Direktorat Pendidikan ITS (di Plaza Dr Angka) mulai 16-20 Maret mendatang. "Meski wisuda ditunda, ijazah tetap bisa diambil," kata Adi.
 
Rektor STIE IBMT Surabaya, Aris Winarto mengaku, telah mengeluarkan surat edaran (SE) terkait kegiatan meliburkan kuliah sejak Sabtu, 14-21 Maret 2020. Sistem perkuliahan untuk sementara diganti melalui online.
 
"Meski perkuliahan libur, proses pelayanan akademik dan kemahasiswaan tetap buka, dan dilayani bagian terkait sesuai jam kerja," kata pria yang baru mendapat gelar doktor itu.
 
Demikian juga dengan Universitas Narotama, Untag, dan Universitas Dinamika. Kegiatan perkulihan diliburkan dan diganti sistem online alias jarak jauh. Sehingga mahasiswa dan dosen tidak harus bertemu dan bertatap muka di kampus.
 
"Untuk di kampus Narotama, perkuliahan daring dimulai 16 hingga 31 Maret mendatang. Selama penggantian sistem perkuliahan itu, akan tetap dilakukan evaluasi," kata Rektor Universitas Narotama Surabaya, Sri Wiwoho Mudjanarko.
 
Sebelumnya, tiga kampus ternama di Surabaya juga telah menerapkan kegiatan perkuliahan dengan sistem online. Yaitu Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA).
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif