Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

Badan Manajemen Talenta Nasional Siap Jalan di 2021

Pendidikan Kebijakan pendidikan Nadiem Makarim
Ilham Pratama Putra • 23 September 2020 19:14
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) siap menjalankan Badan Manjemen Talenta Nasional mulai tahun depan. Hal ini merupakan mandat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 
"Kami juga mendapat mandat dari pemerintah pusat untuk menggembangkan Badan Talenta Nasional. Di tahun depan (2021) kita akan mulai," kata Nadiem dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR, Rabu, 23 September 2020.
 
Pengembangan Badan Manajemen Talenta Nasional ini akan menyasar anak muda Indonesia. Pihaknya berkomitmen untuk menemukan bibit unggul untuk Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami akan meningkatkan semua upaya untuk menemukan bibit-bibit unggul Indoensia di masa depan. Badan Manajemen Talenta Nasional untuk mendidik anak-anak muda," jelasnya.
 
Baca juga:Negara Kawal Insan Berbakat dengan Manajemen Talenta
 
Pencarian bibit unggul itu akan dilakukan mulai dari pendidikan dasar, menengah hingga pendidikan tinggi. Nadiem menyebut anak muda berpotensi mendapat pendampingan.
 
"Ini aktivitas untuk kita mengidentifikasi talenta, membina, dan melakukan pendampingan advokasi mereka di bidang karakter," sambung Nadiem.
 
Baca juga:Pemerintah Rumuskan Badan Talenta Nasional
 
Nadiem pun menjelaskan, jika pembinaan peserta didik berprestasi dan bertalenta itu juga bagian dari program Merdeka Belajar. Dia berharap pembinaan dan pendampingan itu dapat mendukung profil Pelajar Pancasila.
 
"Ini untuk mendukung profil Pelajar Pancasila yang tidak hanya akademis tapi holistik. Di mana ada berbagai nilai kompetensi yang tidak semua terlihat dan diajarkan di dalam kelas," pungkas Nadiem.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif