Mendikbud, Muhadjir Effendy (kiri) bersalaman dengan Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita kanan), Kemendikbud/Jilan.
Mendikbud, Muhadjir Effendy (kiri) bersalaman dengan Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita kanan), Kemendikbud/Jilan.

Pendidikan Kebencanaan Sekolah Ditargetkan Siap Akhir Januari

Pendidikan Mitigasi Bencana
Intan Yunelia • 17 Januari 2019 15:19
Jakarta:Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menargetkan program Pendidikan Kebencanaan Sekolah siap diimplementasikan akhir Januari 2019.
 
Kemendikbud dan Kementerian Sosial (Kemensos) secara khususmengadakan pertemuan di Kantor Kemendikbud, Jakarta untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo tentang implementasi gerakan Mitigasi Nasional. “Rapat kabinet terbatas kemarin juga ditekankan kembali oleh Presiden agar secepatnya direalisasikan. Bahkan beliau memberi tenggat waktu akhir bulan ini sudah mulai ada langkah-langkah konkrit terhadap masalah gerakan mitigasi bencana nasional,” kata Muhadjir di Gedung A Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis, 17 Januari 2019.
 
Mantan Rektor Univeristas Muhammadiyah Malang (UMM) ini menyebutkan, tindak lanjut ini harus berkolaborasi dengan Kemensos. Dikarenakan sifat kebencanaan ini bukanlah ranah Kemendikbud, begitupun dengan Kemensos yang tidak memiliki data-data sekolah yang dibutuhkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Karena Kemensos memiliki tenaga instruktur dan tutor yang sangat banyak, baik itu dari TAGANA (suatu organisasi sosial yang bergerak dalam bidang penanggulangan bencana alam dan bencana sosial yang berbasiskan masyarakat) dan sementara Kemendikbud memiliki subjek yang bisa digarap, yaitu sekolah dan para siswa. Maka ini akan kita padukan menjadi kekuatan sinergi antara kedua kementerian,” ujar Muhadjir.
 
Baca:Jalur Patahan Aktif Gempa Lintasi 2.892 Sekolah
 
Selain itu, Kemensos dan Kemendikbud nantinya juga akan bekerja sama dengan tim nasional lainnya. Seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan para relawan kebencanaan yang sudah berpengalaman.
 
“Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama, salah satu program kita dengan Mensos yang akan kita lakukan sesuai perintah presiden akan ada simulasi nasional kebencanaannya serentak nanti. Nanti waktunya akan kita cari,” tuturnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi