Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Ilustrasi kuliah. Medcom.id

3 Hal Penting yang Banyak Orang Belum Tahu Soal Jurusan Teknik Elektro

Medcom • 12 Agustus 2022 09:53
Jakarta: Pemilihan bidang perkuliahan sangat penting, oleh karena itu banyak hal kecil yang mesti diketahui sebelum memilih jurusan. Salah satunya tips masuk suatu jurusan yang seleksinya terkenal ketat, seperti Teknik Elektro.
 
Teknik Elektro memiliki nama lain Teknik Listrik. Sebenarnya sama saja, namun dalam Bahasa Inggris jurusan Teknik Elektro bernama Electrical Engineering.
 
Teknik Listrik atau Teknik Elektro merupakan satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Teknik listrik ini melibatkan konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi peralatan listrik dan elektronik yang dibutuhkan masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Teknik Elektro sangat berhubungan dengan kelistrikan di sekitar masyarakat. Melansir dari laman AkuPintar, berikut tiga hal penting yang banyak orang tidak ketahui tentang Teknik Elektro:

1. Induknya Ilmu Teknik

Teknik Elektro dikatakan sebagai salah satu bidang ilmu teknik yang tertua. Namun teknik ini tidak diketahui sudah berapa tahun umurnya.
 
Bahkan, Teknik Komputer yang lahir belakangan adalah perpaduan dari Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Yang lebih baru lagi, Teknik Telekomunikasi juga terhitung sebagai salah satu sempalan dari Teknik Elektro.
 
Maka dari itu, jurusan Teknik Elektro dapat menjadi salah satu alternatif kuliah selain Teknik Komputer atau Teknik Telekomunikasi. Pada kedua jurusan ini mahasiswa akan mendapatkan sebagian mata kuliah dari Teknik Elektro dan demikian pula sebaliknya.
 
Meski begitu jangan terburu-buru memilih jurusan dan pastikan ada kecocokan dengan jurusan Teknik Elektro. Jangan sampai memilih jurusan ini karena mengikuti teman ataupun atas kehendak orang tua.

2. Teknik Elektro di perguruan tinggi

Sebagai induk Ilmu Teknik, Teknik Elektro juga memiliki cakupan yang sangat luas. Bermula dari sumber pembangkit tenaga listrik, kajian Teknik Elektro juga berlanjut pada sistem jaringan distribusi hingga pemanfaatan listrik pada pengguna akhir.
 
Meskipun demikian, bukan berarti mahasiswa Teknik Elektro akan berjibaku dengan seluruh topik kelistrikan. Universitas Gadjah Mada atau UGM misalnya, bidang konsentrasi jurusan Teknik Elektro terbagi menjadi beberapa.
 
Bidang konsentrasi ini termasuk Teknik Tenaga Listrik, Teknik Pengolahan Isyarat Elektronika dan Biomedika, Teknik Instrumentasi Kendali, Teknik Telekomunikasi, dan Teknik Komputer. Bidang-bidang tersebut akan dipelajari Mahasiswa Teknik Elektro mulai pada tahun ketiga perkuliahan, setelah menempuh mata kuliah dasar.
 
Tidak hanya di UGM, pilihan berkuliah di jurusan Teknik Elektro juga cukup beragam. Pilihan kampus ini seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang juga mempunyai Jurusan Teknik Elektro dengan empat bidang konsentrasi, yaitu Teknik Sistem Tenaga, Teknik Sistem Pengaturan, Teknik Telekomunikasi Multimedia, dan Teknik Elektronika.
 
Selain dua kampus tersebut, terdapat pula Universitas Mataram. Jurusan Teknik Elektro di Universitas Mataram dikelompokkan ke dalam empat bidang konsentrasi pada tahun ketiga.
 
Tidak persis sama dengan dua kampus sebelumnya, bidang konsentrasi Universitas Mataram adalah Sistem Tenaga Listrik, Elektronika dan Digital, Informatika dan Komputer, dan Telekomunikasi.

3. Persaingan Teknik Elektro

Persaingan untuk masuk ke dalam Teknik Elektro cukup ketat. Hal ini dikarenakan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan favorit pada kategori Sains, hampir menyamai Pendidikan Dokter dan Teknik Informatika.
 
Oleh sebab itu banyak perguruan tinggi yang mempunyai pilihan jurusan Teknik Elektro, baik negeri maupun swasta. Contoh dari perguruan tinggi ini adalah Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Hasanuddin, Universitas Sumatera Utara, Telkom University, Sekolah Tinggi PLN, Universitas Mercu Buana, dan masih banyak lagi.
 
Itulah tiga hal penting yang banyak orang tidak ketahui tentang Teknik Elektro. Apakah Sobat Medcom tertarik berkuliah di jurusan Teknik Elektro? (Gabriella Carissa Maharani Prahyta)
 
Baca juga: Informasi Lengkap Soal Jurusan Geofisika, dari Mata Kuliah Hingga Prospek Kerja

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif