Foto:  Kemenag/Humas
Foto: Kemenag/Humas

Kemenag Bakal 'Jewer' Kampus yang Abaikan Mutu Akademik

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 21 November 2019 15:45
Jakarta:Kementerian Agama (Kemenag) menuntut Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) fokus kepada pengembangan mutu akademik. Hal itu penting dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang unggul.
 
Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kemenag, Arskal Salim GP menegaskan, pihaknya akan memberi peringatan maupun sanksi kepada PTKI yang tidak mengikuti arahan. Sebab menurut Arskal, masih ada PTKI yang belum maksimal dalam meningkatkan mutu akademiknya.
 
Indikasinya adalah jumlah mahasiswa yang terus menyusut, stagnan, atau minim prestasi.
“Terkait dengan kesehatan kelembagaan, bagaimana akan menguatkan mutu, jika mahasiswanya tidak maksimal. Bisa kita pastikan, kita akan tegur PTKI yang tidak perhatikan mutu akademik,” kata Arskal dalam siaran pers, Kamis 21 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menegaskan, para pemangku kepentingan untuk dapat memaksimalkan jumlah PTKI yang saat ini mencapai 700 kampus tersebut. Beberapa telah berubah dari sekolah tinggi menjadi institut atau Fakultas Agama Islam pada Universitas di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
 
Sementara itu, pendirian PTKIN di wilayah tertentu harus dilihat urgensinya, apakah wilayah tersebut masih dapat dijangkau oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) sekitar yang sudah ada.
 
"Pendirian PTKIN di wilayah kopertis tertentu bisa kita lihat apakah ini kebutuhan mendesak atau masih bisa ditutupi oleh PTKIS di sekitar, data ini belum ter-update dengan baik,” ujar Arskal.
 
Ke depan, Kementerian Agama akan lebih selektif memberikan izin pendirian perguruan tinggi agama Islam. Hal ini demi efisiensi kelembagaan dan jumlah PTKI yang membludak."Demi kesehatan kelembagaan, kita tidak bisa memberi izin semuanya," tandasnya

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif