Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahilah
Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahilah

SNMPTN/SBMPTN 2020

Akhirnya, Masa Registrasi Akun LTMPT Diperpanjang

Pendidikan SNMPTN/SBMPTN 2020
Citra Larasati • 07 Januari 2020 18:17
Jakarta: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akhirnya memperpanjang masa pendaftaran akun LTMPT hingga 9 Januari 2020. Perpanjangan waktu dilakukan setelah sekitar 360 ribu siswa kesulitan melakukan simpan permanen data saat proses registrasi akun LTMPT sehari jelang penutupan yang semula dijadwalkan hari ini, 7 Januari 2020 pukul 23.59 WIB.
 
Perpanjangan waktu tersebut dituangkan dalam Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT nomor: 01/SE.LTMPT/2020 Tentang Perpanjangan Registrasi Akun LTMPT 2020. Dalam surat edaran tersebut disampaikan, bahwa perpanjangan waktu diberikan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada sekolah maupun siswa untuk ikut serta dalam seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri.
 
Perpanjangan juga dilakukan setelah memperhatikan kondisi pendaftaran atau registrasi akun LTMPT yang sampai hari ini, 7 Januari 2020 masih banyak siswa maupun sekolah yang belum melakukan finalisasi atau mempermanenkan tahapan registrasi akun LTMPT.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Maka masa Registrasi Akun LTMPT yang sedianya ditutup 7 Januari 2020 diperpanjang sampai dengan tanggal 9 Januari 2020 pukul 17.00 WIB," kata Ketua LTMPT, Mohammad Nasih dalam Surat Edaran yang ditandatangani Selasa, 7 Januari 2020.
 
Nasih menambahkan, perpanjangan waktu pendaftaran akun LTMPT hanya diberikan kepada sekolah dan siswa yang sudah melakukan daftar akun serta memiliki akun sekolah atau siswa aktif untuk melakukan permanen data.
 
Mengingat sempitnya waktu perpanjangan, LTMPT meminta sekolah dan siswa segera melakukan finalisasi atau simpan permanen registrasi Akun LTMPT jika data yang diisikan sudah benar. "Tidak melakukan permanen data akan sangat merugikan sekolah maupun siswa, karena harus kehilangan kesempatan mengisi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) maupun pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
 
Apabila hingga 9 Januari 2020 siswa dan sekolah belum juga melakukan registrasi Akun LTMPT, maka dapat dilayani lagi di periode 7 Februari-5 April 2020, namun untuk kepentingan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
 
Berdasarkan data LTMPT per Selasa, 7 Januari 2020 pukul 15.25 WIB, jumlah sekolah yang sudah mendaftar akun sebanyak 22.294 sekolah. Jumlah akun sekolah yang aktif sebanyak 21.296 sekolah.
 
"Namun dari jumlah tersebut, jumlah sekolah yang sudah melakukan simpan permanen data baru 11.816 sekolah," kata Nasih.
 
Sedangkan untuk siswa, jumlah yang sudah mendaftar akun sebanyak 1.271.753 siswa. Jumlah akun siswa aktif sebanyak 1.203.906 siswa, sedangkan siswa yang sudah melakukan finalisasi dengan simpan permanen data baru 901.275 siswa.
 
"Terima kasih dan apresiasi bagi siswa dan sekolah yang sudah melakukan finalisasi sejak jauh-jauh hari sebelum hari terakhir pendaftaran," tutur Nasih.
 
Sementara itu bagi siswa yang belum melakukan finalisasi masih ada waktu hingga Selasa 7 Januari 2020 pukul 23.59 WIB. Sekolah dan atau siswa yang tidak mendaftar akun LTMPT hingga simpan permanen akan kehilangan kesempatan untuk mengisi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) sebagai bagian dari tahap pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
 
Sebelumnya, ratusan ribu siswa sejak Senin, 6 Januari 2020 menyampaikan banyak keluhan tentang sulitnya melakukan simpan permanen data saat registrasi akun LTMPT yang disebabkan erornya server sejak satu hari menjelang penutupan.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif