Rektor Unair, Mohammad Nasih.   ANT/Mochammad Asim
Rektor Unair, Mohammad Nasih. ANT/Mochammad Asim

Buka Fakultas Teknik, Unair Tawarkan Prodi Canggih dan Kekinian

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 18 Oktober 2019 14:38
Jakarta: Universitas Airlangga (Unair) akan membuka Fakultas Teknik yang menawarkan lima program studi teknologi canggih dan kekinian. Kelima prodi ini demi menjawab tantangan perubahan zaman di era revolusi industri 4.0.
 
Rektor Universitas Airlangga (Unair), Mohammad Nasih mengatakan prodi tersebut adalah Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, Teknologi Sains Data, Rekayasa Nanoteknologi, Teknik Elektro, dan Teknik Industri.
 
"Dirasa perlu membuka prodi teknologi, maka dibukalah lima prodi teknologi canggih di UNAIR," kata Nasih kepada Medcom.id, Jumat 18 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, teknologi semakin lama terus berkembang. Semakin banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari yang beririsan dengan teknologi.
 
Jurusan-jurusan ini menjawab kebutuhan SDM di bidang teknologi masa depan. "Penguasaan teknologi canggih merupakan keharusan untuk memenangi persaingan pada era disrupsi 4.0," ujar Nasih.
 
Namun sayangnya, selama ini masih sedikit perguruan tinggi yang memiliki program studi terkait teknologi terbarukan. Sementara kebutuhan sumber daya manusia di bidang teknologi tersebut sangat banyak dan beragam.
 
"Saat ini jumlah prodi teknologi canggih yang berkualitas masih sangat terbatas di Indonesia. Padahal jumlah kebutuhannya melebihi suplai," paparnya.
 
Tak ayal, siswa yang ingin melanjutkan perguruan tinggi di bidang teknologi pun tak mampu ditampung keseluruhannya. Terlebih lagi, perguruan tinggi yang menyediakan prodi ini pun bisa dihitung jari.
 
"Banyak putra dan putri terbaik bangsa yang terpaksa melanjutkan studi di luar negeri atau ke luar daerah," jelasnya.
 
Nantinya kelima prodi dikelola dalam satu fakultas atau sekolah, yakni Sekolah Enginering dan Teknologi Canggih atau School of Engineering and Advanced Technology Unair. Pendaftaran kelima prodi tersebut akan dibuka mulai tahun depan melalui tiga jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersamaa Masuk PTN (SBMPTN), dan Jalur Mandiri.

 

(WHS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif