Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Aptisi Beberkan Alasan Mayoritas PTS Belum Siap Kuliah Tatap Muka

Pendidikan Satgas Covid-19 Pembelajaran Tatap Muka PTM Terbatas PTS
Ilham Pratama Putra • 25 Januari 2022 20:54
Jakarta:  Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) mengungkapkan alasan masih tingginya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tidak siap untuk menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).  Salah satunya karena syarat harus adanya Satuan Tugas (Satgas) covid-19 di lingkungan internal kampus.
 
"Penyebab utama PTS tidak siap untuk PTM adalah persyaratan yang harus dipenuhi perguruan tinggi sebelum menjalankan PTM, yaitu kampus harus memiliki satgas covid-19," kata Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Budi Djatmiko, kepada Medcom.id, Selasa 25 Januari 2022.
 
Selain itu PTS juga dinilai kewalahan dalam menyiapkan fasilitas penunjang PTM. Mulai dari sanitasi, protokol kesehatan, terkoneksi dengan aplikasi Peduli Lindungi, berkoordinasi dengan dinas kesehatan, serta izin orang tua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal ini terutama, membuat satgas kewalahan jika PTS-nya tidak memiliki SDM dan fasilitas juga menjadi penambahan biaya, serta banyak yang tidak paham bagaimana penanganan secara teknis," tutur dia.
 
Selain hal itu terdapat juga faktor tingkat vaksinasi yang belum baik di kampus swasta. Pun, jika diterapkan model hybrid atau bauran antara kuliah daring dengan luring dipastikan akan memakan biaya tambahan lagi bagi PTS.
 
"Dan yang paling memberatkan adalah biaya tinggi karena kapasitas kelas maksimal kelas 50 persen dengan hybrid dan biaya akan membengkak dua kali lipat, di luar peralatan dan lain-lain," tegasnya.
 
Baca juga:  Survei LLDikti: 64% PTS di Jakarta Belum Siap PTM Awal 2022
 
Sebelumnya, dalam survei Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah III menyebut, sekitar 64 persen Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di DKI Jakarta mengaku belum siap menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) di awal tahun ini.
 
Angka ini didapat LLDikti dari survei online terhadap 298 PTS di wilayah III DKI Jakarta. Dari jumlah tersebut hanya 86 PTS saja yang menjawab siap membuka PTM dalam waktu dekat.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif