Ilustrasi. Foto: Branda Antaranews.
Ilustrasi. Foto: Branda Antaranews.

Indonesia Siap Berbagi Pengalaman Pendidikan dengan Negara Afrika

Pendidikan UNESCO Kebijakan pendidikan Kualitas Pendidikan Pendidikan Inklusi
Antara • 24 Januari 2022 22:15
Jakarta: Duta Besar atau Wakil Delegasi Tetap Indonesia untuk UNESCO Ismunandar mengatakan Indonesia siap berbagi pengalaman pada bidang pendidikan dengan negara-negara di Afrika. Hal ini jadi salah satu upaya memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas sesuai target UNESCO.
 
"Dari laporan yang dirilis UNESCO, tantangan secara global dalam mencapai tujuan keempat Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s), yakni memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas. "Serta kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua pada tahun 2030,” ujar Ismunandar saat dihubungi dari Jakarta, Senin, 24 Januari 2022.
 
Ia menyebut pencapaian pendidikan anak usia dini dan pendidikan dasar untuk Indonesia dan banyak negara memang tidak akan menghadapi masalah. Namun untuk negara-negara Afrika, diprediksi tidak akan mencapai target.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: UNESCO: Target Pendidikan Inklusif 2030 Sulit Tercapai
 
"Inilah mengapa Afrika menjadi prioritas UNESCO, dan Indonesia telah menyatakan kesiapan untuk berbagi pengalamannya melalui Kerjasama Selatan-Selatan maupun Tri Angular, yang hampir semua negara tidak yakin adalah dalam pencapaian keterampilan matematika," ungkapnya.
 
Menurut dia, intinya bagaimana meyakinkan kualitas pendidikan. Hal itu pula yang menjadi tantangan dalam negeri. Kebijakan Merdeka Belajar akan menjadi pengungkit untuk meningkatkan kualitas pendidikan, meskipun pada sisi lain menghadapi tantangan pandemi covid-19.
 
Sebelumnya, UNESCO melaporkan target keempat SDG’s keempat mengenai pendidikan inklusif dan berkualitas serta sepanjang hayat pada 2030 sulit tercapai. UNESCO mengingatkan para pemimpin dunia karena jutaan anak kehilangan belajar di sekolah dan pembelajaran berkualitas.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif