Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Dosen Universitas Syiah Kuala Berbagi Tips Sukses S3 di Australia

Pendidikan Pendidikan Tinggi Tips Pendidikan Dosen Perguruan Tinggi
Citra Larasati • 01 Agustus 2021 19:15
Jakarta:  Dua dosen muda Universitas Syiah Kuala (USK) berbagi  tips sukses kepada puluhan dosen dan mahasiswa lewat webinar Postgraduate Student Seminar Series. Tema yang dibahas pada webinar ini adalah Road to Study in Australia. 
 
Koordinator Magister Pendidikan Bahasa Inggris USK, Iskandar Abdul Samad mengisahkan tentang tantangan yang dihadapinya saat menempuh Pendidikan S3 di University of New England, Australia.
 
“Berbicara tentang tantangan saat menyelesaikan studi S3 di Australia, saya mengalami dua tantangan besar, yaitu standar tulisan disertasi dan kultur akademik,” kata Iskandar, dikutip dari laman USK, Minggu, 1 Agustus 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut, Iskandar menjelaskan, bahwa perguruan tinggi di Australia semuanya memiliki reputasi yang sama.  Sehingga mereka memiliki standar penulisan yang tinggi untuk diikuti.
 
Selanjutnya, supervisor beranggapan bahwa kita adalah ahli di bidang penelitian S3, sementara kita sendiri menginginkan supervisor memberi arahan dari dasar.
 
“Inilah yang menjadi miss match dalam interaksi supervisi S3. Jadi mesti dicari solusi supaya kelar studinya tepat waktu," Koordinator S2 Bahasa Inggris USK tersebut.
 
Baca juga:  Asah Skill Networking Sekarang, Karier Cemerlang Kemudian
 
Dosen Magister Pendidikan Bahasa Inggris USK, Muhammad Aulia di hadapan para peserta webinar memaparkan tiga nasihat dan tips untuk sukses dalam penyelesaian disertasi.  “Ada empat hal yang harus diperhatikan untuk sukses saat studi S3 yaitu manajemen waktu, perluasan jaringan, menjaga komunikasi yang baik dengan supervisor dan menghargai diri sendiri,” ujar Aulia.
 
Aulia, lebih lanjut memaparkan bahwa studi di Australia juga berkesempatan untuk berkontribusi kepada masyarakat. “Ilmu yang kita peroleh dari luar negeri dapat kita kontribusikan kepada masyarakat secara umum misalnya kepada umat Islam, masyarakat Aceh dan juga komunitas diaspora Indonesia,” terangnya.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif