Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani
Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani

DPR Minta Nadiem Buat Protokol Pendidikan Pasca Pandemi

Pendidikan Virus Korona Kebijakan pendidikan
Ilham Pratama Putra • 20 Mei 2020 20:34
Jakarta: Anggota Komisi X DPR Bramantyo Suwondo meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim membuat protokol pendidikan baru. Protokol ini nantinya dapat digunakan pasca pandemi virus korona (covid-19) di Indonesia.
 
"Setelah pandemi ini selesai, saya harap Kemendikbud bisa membuat rancangan protokol kesehatan, karena harus ada penyesuaian di sekolah nantinya," kata Bramantyo dalam rapat dengar pendapat dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui konferensi video, Rabu, 20 Mei 2020.
 
Legislator Fraksi Demokrat itu menambahkan protokol pendidikan tersebut juga bisa diperuntukkan sebagai langkah mitigasi. Sebab, bukan tidak mungkin, kondisi serupa pandemi covid-19 akan terjadi kembali di masa depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk menanggapi bencana daerah, bencana nasional, pandemi sampai perang di masa depan yang bisa saja terjadi kembali. Agar kita lebih siap selama bencana termasuk pengurangan dana yang bisa dilakukan," tambah dia.
 
Baca:Survei IGI: Kinerja Kemendikbud Era Nadiem Biasa Saja
 
Wakil Ketua Komisi X Hetifah Sjaifudian menyatakan protokol pendidikan pasca pandemi diperlukan untuk adaptasi. Sebab, selama masa pandemi, pendidikan Indonesia melakukan percepatan digitalisasi.
 
"Jadi terus diupayakan bagaimana untuk mendukung infrastruktur komunikasi dan digital kita. Penciptaan konten," kata Hetifah.
 
Menurut Hetifah, pengembangan digital sudah menjadi cita-cita pendidikan Indonesia. Tantangan ini harus dihadapi guna menanggulangi dampak buruk dari bencana.
 
"Saat kita mampu menguasai teknologi dan semakin mampu memanfaatkan teknologi, jangan lupa kita harus juga mampu menanggulangi hoaks dan konten yang tidak sesuai untuk anak," ujar Hetifah.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif