Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih. Zoom
Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih. Zoom

Lolos SBMPTN Bukan Satu-satunya Syarat Diterima di PTN

Pendidikan UTBK SNMPTN/SBMPTN 2020 Pengumuman SBMPTN 2020
Ilham Pratama Putra • 14 Agustus 2020 16:32
Jakarta: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan 167.653 peserta dinyatakan lolos dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020. Namun, bukan berarti peserta langsung diterima di PTN.
 
"Lulus seleksi SBMPTN harus mengikuti beberapa tahapan, baru bisa diterima di PTN. Jadi lulus seleksi itu belum tentu akan masuk, karena ada syarat yang harus diikuti," ujar Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih, dalam konferensi daring, Jumat, 14 Agustus 2020.
 
Nasih mengatakan, PTN bakal melakukan verifikasi ulang. Selain itu, terdapat persyaratan lain yang harus dipenuhi calon mahasiswa yang lolos UTBK-SBMPTN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Syarat yang harus diikuti, misalnya buta warna dan lain-lain. Termasuk persyaratan yang dibutuhkan masing-masing PTN," terang dia.
 
Baca: 167.653 Siswa Lolos UTBK-SBMPTN 2020
 
Pengumuman UTBK-SBMPTN hari ini hanya memberitahukan jika peserta lolos atau tidak. Sedangkan nilai UTBK, baru akan diberikan Sabtu, 15 Agustus 2020, pukul 15.00 WIB.
 
"Baik yang lulus maupun tidak lulus bisa unduh sertifikat UTBK mulai 15 Agustus pukul 15.00 WIB. Kami sudah siapkan host to host kawan-kawan PTN yang ingin manfaatkan nilai UTBK untuk seleksi lainnya," jelas Nasih.
 
Pemanfaatan nilai UTBK yang dimaksud Nasih ialah untuk kebutuhan seleksi masuk perguruan tinggi lainnya. Sebab ada beberapa perguruan tinggi yang mensyaratkan nilai UTBK dalam kebutuhan seleksi.
 
"Ketika memasukkan nomor pendaftaran, nilai UTBK bisa dikeluarkan. LTMPT sepenuhnya memfasilitasi kawan-kawan di PTN atau PTS, atau lembaga lain manfaatkan itu," terangnya.
 
Hasil kelulusan peserta dapat dilihat pada laman resmi LTMPT pada Jumat 14 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB. Pengumuman SBMPTN 2020 juga bisa dilihat lewat 12 link mirror perguruan tinggi negeri.
 
Selain dapat diakses di laman utama LTMPT, pengumuman hasil SBMPTN juga bisa dicek di laman Pendidikan Medcom.id dengan menge-klik Pengumuman SBMPTN 2020 Medcom.id.
 
Nama-nama siswa pendaftar yang lolos SBMPTN 2020 bisa dibuka dengan cara CTR+F atau search lalu ketik namamu saat menggunakan komputer maupun smartphone.

 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif