Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama

Kampus Merdeka

Erick Thohir: Kalau Mau Magang, Silakan Bersaing

Pendidikan Pendidikan Tinggi Kebijakan pendidikan Kampus Merdeka
Ilham Pratama Putra • 12 Februari 2020 16:39
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir tak menjamin pihaknya bakal menampung seluruh mahasiswa magang. Dia meminta mahasiswa bersaing untuk mendapat tempat, terutama pascakebijakan Kampus Merdeka diluncurkan Mendikbud, Nadiem Makarim.
 
Dalam kebijakan Kampus Merdeka, mahasiswa diberikan kemerdekaan untuk mengambil Satuan Kredit Semester (SKS) di luar program studi dan di luar kampus, salah satunya magang selama dua semester di industri. Kemerdekaan ini diberikan agar mahasiswa dapat meningkatkan kompetensinya dan siap masuk ke dunia kerja.
 
"Kan akhirnya daya serapnya juga tidak maksimal. Kita enggak usah membohongi diri sendiri," kata Erick di Menara Mandiri, Jakarta Pusat, Rabu 12 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terpenting, kata Erick, perusahaan BUMN akan membuka diri. Penyediaan tempat magang hingga lapangan kerja juga tergantung bagaimana kesepakatan antara kampus dan perusahaan
 
"Nah karena itu semua bisnis deal. Yang kita lakukan bagian pembukaan lapangan kerja," ujar dia.
 
Sebelumnya, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) mengeluhkan, bahwa menjalin kerja sama dengan perusahaan susahnya bukan main. Terlebih kampus-kampus "kecil" akan merasakan kesulitan luar biasa jika dipaksa mengikat perusahaan-perusahaan untuk menampung mahasiswanya magang.
 
Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), Budi Djatmiko mengatakan, hal ini kian mustahil. Tak semua perusahaan, terlebih perusahaan besar dan BUMN mau menerima mahasiswa magang walaupun telah bersepakat untuk kerja sama.
 
Plt. Dirjen Dikti, Nizam menyebut, kampus bisa berkolaborasi dengan perusahaan. Hal itu guna mendorong mahasiswanya memiliki kesempatan yang lebih luas dalam program magang, sehingga dapat meningkatkan kompetensi lulusan saat di dunia kerja.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif