Imam Maulana, mahasiswa Unsyiah yang lulus tanpa KKN dan Skripsi. Foto: Dok. Unsyiah
Imam Maulana, mahasiswa Unsyiah yang lulus tanpa KKN dan Skripsi. Foto: Dok. Unsyiah

Imam Maulana, Diwisuda Tanpa KKN dan Skripsi

Pendidikan Pendidikan Tinggi Wisuda
Muhammad Syahrul Ramadhan • 15 Februari 2020 09:09
Jakarta: Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Imam Maulana menjadi wisudawan istimewa, karena ia lulus tanpa harus melewati KKN dan skripsi. Imam menjadi satu-satunya mahasiswa dari 1.201 yang lulus dengan keistimewaan tersebut dalam wisuda yang digelar pekan lalu.
 
Imam yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Unsyiah ini pun bersyukur dengan kemudahan yang diberikan kampus kepadanya. Sebab, keistimewaan itu ia peroleh bukan tanpa sebab, melainkan melalui usaha dan pengorbanan setelah menggagas program Santri Dayah First Aider (SADAR).
 
“Semua anugerah ini merupakan buah dari doa, ikhtiar, dan tawakal serta peran orang-orang di sekitar saya” kata Imam dikutip dari laman Unsiyah, Jakarta, Jumat, 14 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Program yang ia usung bersama empat rekannya ini merupakan program pelatihan dan pembinaan keterampilan pertolongan pertama pada kecelakaan di Dayah Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah. Ia menjelaskan, bahwa program ini merupakanProgram Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKMM) ke Kemenristekdikti.
 
SADAR pula yang membawanya berhasil mendapatkan pendanaan. Hal itu yang membuatnya mendapatkan hak istimewa diwisuda tanpa KKN dan skripsi, karena kampus memiliki kebijakan, bahwa mahasiswa yang mendapatkan pendanaan PKMM setara dengan melakukan KKN.
 
“Sudah menjadi sebuah aturan dari rektorat bahwa mahasiswa yang lulus pendanaan PKMM akan menjadikan programnya sebagai bagian dari KKN, jika selama pelaksanaan telah mengambil mata kuliah tersebut,” jelas Imam.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif